Breaking News:

Otonomi Khusus Papua

Stafsus Presiden Billy Mambrasar: Jokowi Masih Prioritaskan Papua

Billy Mambrasar menerangkan kunjungan Presiden ke tanah Papua guna menjalankan konsep deliberetive policy making process.

Penulis: Nandi Tio G Effendy | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Tio Effendy
Tangkapan gambar pada laman youtube @FMB9ID_IKP pada, Senin (9/8/2021) sore. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Tyo Effendy

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) masih memprioritaskan pembangunan di Tanah Papua, satu diantaranya yakni dengan lahirnya Undang-undang Nomor 2 Tahun 2021 tentang Otonomi Khusus (Otsus) di Tanah Papua.

Hal tersebut dilontarkan Staf Khusus Presiden Republik Indonesia Billy Mambrasar yang dikutip Tribun-Papua.com dilaman youtube @fmb9id_ikp pada Senin (9/8/2021) Siang.

Billy Mambrasar yang juga merupakan putra asli Papua mengatakan perhatian dan fokus Presiden Jokowi sangat intens terhadap tanah kelahirannya.

Baca juga: Polisi Identifikasi KKB di Serui Papua, Miliki 15 Pucuk Senjata Api Rakitan

“Pada rapat yang dipimpin Jokowi pada 22 Juli 2021 lalu, Presiden menegaskan kepada seluruh kementrian serta lembaga untuk dapat membuat loncatan serta pendekatan yang baru dalam pembangunan Papua,” Kata Billy Mambrasar.

Staf khusus Presiden tersebut menjelaskan bahwa Presiden Jokowi telah dua belas kali melakukan kunjungan ke Tanah Papua sebagai bukti keseriusannya membangun bumi Cenderawasih.

Secara keseluruhan, Billy Mambrasar menerangkan kunjungan Presiden ke tanah Papua guna menjalankan konsep deliberetive policy making process.

“Yaitu ketika seorang pemimpin turun langsung ke Tanah Papua untuk mendengar langsung dari rakyat Papua dan akan melakukan formulasi untuk pembangunan,” jelas Billy Mambrasar.

Baca juga: PPKM: Warga Kota Jayapura Setuju Apabila Sistem Take Away Diberlakukan

Billy, sapaan akrabnya Kepres No 20 Tahun 2020 tentang percepatan kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat untuk melengkapi Undang-undang Otsus yang telah dijalankan.

‘Berbagai program telah dikeluarkan Presiden untuk masyarakat, salah satunya yakni Papua Pintar dimana tujuannya adalah mereka wajib menjadi kunci dari percepatan pembangunan di bumi Cenderawasih,” tegas Staf Khusus Presiden.

Billy Mambrasar memberikan contoh dari program tersebut yakni beasiswa pendidikan kepada ratusan ribu masyarakat asli Papua untuk dapat bersekolah lebih tinggi, termasuk dirinya yang mendapat beasiswa hasil dari hadirnya Otsus di Tanah Papua pada beberapa tahun lalu. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved