Breaking News:

Virus Corona

Luncurkan Program Aku Sedulurmu, Polda Jateng akan Biayai Sekolah Anak Yatim Piatu karena Covid-19

Program ini akan segera diluncurkan sebagai bentuk kepedulian dalam membantu anak yatim piatu yang kesulitan biaya pendidikan.

Editor: Claudia Noventa
news.pindula.co.zw
Ilustrasi Virus Corona - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah, akan menanggung biaya sekolah anak-anak yang kehilangan orangtua karena Covid-19. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah, akan menanggung biaya sekolah anak-anak yang kehilangan orangtua karena Covid-19.

Diketahui, program tersebut adalah 'Aku Sedulurmu' yang akan segera diluncurkan sebagai bentuk kepedulian dalam membantu anak yatim piatu yang kesulitan biaya pendidikan.

Polda Jawa Tengah mencatat setidaknya ada kurang lebih 333 anak menjadi yatim piatu akibat dampak Covid-19 dalam 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah.

Baca juga: 21 Petugas Gabungan Lakukan Penyekatan di Wilayah Jembatan Youtefa

Baca juga: Venue Aquatik untuk PON XX Papua Dipalang, Warga Sebut Pemprov Belum Bayar Tanah Seluas 8 Hektar

Data tersebut terverifikasi dari hasil kerja sama antara Polda Jawa Tengah dan instasi terkait.

Dari jumlah tersebut tercatat ada tiga daerah di Jawa Tengah terdapat anak yatim piatu  Covid-19 paling banyak yakni Kabupaten Sukoharjo sebanyak 33 anak, Kabupaten Klaten sebabyak 28 anak, dan Kabupaten Karanganyar sebanyak 26 anak.

Adapun daerah di Jawa Tengah yang nihil anak yatim piatu karena Covid-19 yaitu Kabupaten Pekalongan.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan, dengan adanya program Aku Sedulurmu anak yatim piatu terdampak Covid-19 akan dibantu biaya pendidikan.

Bantuan biaya pendidikan itu diberikan dalam bentuk tabungan bagi anak yatim piatu mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) di luar yang sudah ditanggung oleh pemerintah.

Baca juga: Sosok Paskibraka Asal Jambi Desta Veny Rahayu yang Meninggal saat Latihan, Dikenal Pantang Menyerah

Selain biaya sekolah, tabungan pendidikan itu juga bisa dilergunakan untuk biaya lainnya yakni kebutuhan seragam dan sepatu maupun untuk les tambahan.

"Mereka akan menerima dalam bentuk tabungan pendidikan. Biaya tersebut dapat dimanfaatkan secara fleksibel untuk tambahan kebutuhan alat tulis, buku, biaya praktek dan lain sebagainya," jelasnya dalam keterangan tertulis, Rabu (11/9/2021).

Iqbal mengatakan program Aku Sedulurmu rencananya akan diluncurkan pada Senin (16/8/2021).

Dalam acara tersebut, perwakilan anak yatim piatu beserta walinya akan diundang untuk menerima bantuan berupa tabungan pendidikan.

"Rencana hari Senin diluncurkan dengan mengundang para anak yatim piatu," ujarnya.(*)

 Berita terkait lainnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Polda Jateng Janjikan Beasiswa untuk Ratusan Anak Yatim Piatu karena Covid-19

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved