Breaking News:

Warga Distrik Warmare Upacara di Hutan Belantara, Kibarkan Bendera di Pohon Pisang Setinggi 25 Meter

Upacara memperingati HUT ke-76 Republik Indonesia tampak berbeda di Kampung Syou, Distrik Warmare, Manokwari, Papua Barat.

Editor: Roifah Dzatu Azmah
(Dok. Danramil 1801-03 /Warmare)
Masyarakat Kampung Syou Distrik Warmare Manokwari,Papua Barat, merayakan HUT ke-76 RI di hutan belantara. Salah satu warga memanjat pohon pisang raksasa setinggi 25 meter dan mengibarkan bendera di sana. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Upacara memperingati HUT ke-76 Republik Indonesia tampak berbeda di Kampung Syou, Distrik Warmare, Manokwari, Papua Barat, Selasa (17/8/2021) pagi.

Mereka menggelar upacara di tengah hutan belantara dengan sebuah pohon pisang raksasa setinggi 25 meter dipanjat oleh seorang warga untuk mengibarkan bendera merah putih.

Untuk sampai ke lokasi itu, warga harus berjalan kaki sekitar 1 kilometer menyusuri hutan belantara.

Baca juga: Ikut Upacara HUT RI ke-76, Ketua DPR Papua Kenakan Pakaian Adat Shiryu dari Kepulauan Yapen

Warga Kampung Syou Zeth Woggor mengatakan,upacara dan pengibaran bendera merupakan inisiatif warga kampung setempat untuk menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 76.

"Kami sebagai warga Papua bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),"ujar Zeth usai upacara.

 

Danramil 1801-03/Warmare Lettu Inf Dany Purnomo mengungkapkan kebanggaan terhadap masyarakat Kampung Syou Distrik Warmare.

Baca juga: Viral Video Seorang Pria Nekat Panjat Tiang Licin untuk Pasang Bendera: Talinya Saya Gigit

Meski mereka tinggal di daerah yang terisolir, tetapi sangat antusias merayakan HUT Ke-76 RI dengan mengibarkan bendera di pohon pisang raksasa setinggi 25 meter.

"Ini merupakan wujud nyata kecintaanya mereka terhadap negara kesatuan Republik Indonesia dan menghormati para pahlawan yang telah berjasa merebut kemerdekaan dari tangan penjajah zaman kala itu," ujar Dany Purnomo dalam keterangan rilisnya.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Uniknya Upacara Bendera di Syou, Papua Barat, Digelar di Hutan Belantara dan Panjat Pohon Pisang"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved