Breaking News:

Pendidikan

Tips Yesi Onibala Bila Anak Susah Fokus Belajar Secara Online

Kenyamanan anak merupakan hal utama yang harus dipikirkan sebagai orang tua, seperti membangun suasana rumah yang tenang dan area bebas belajar.

Pexels.com/RF._.studio
Ilustrasi belajar - Soal dan kunci jawaban tema 9 kelas 5 SD halaman 113 114 115 116 117 118 119 Buku Tematik Subtema 2 Pembelajaran 6. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Tirza Bonyadone

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Merasa jenuh selama pembelajaran dari rumah, mungkin merupakan kendala yang dirasakan oleh sebagian anak di Indonesia, selama pembelajaran online.

Kesulitan anak-anak untuk fokus selama pembelajaran, membuat orang tua harus extra memberi perhatian dan gaya belajar yang berbeda.

Yesi Onibala (47), yang kesehariannya saat ini hanya mengurus ketiga anak remajanya, cukup sulit di saat awal pandemi, namun ia memiliki cara tersendiri untuk membuat anaknya nyaman saat di rumah.

Baca juga: Akibat Kerja Kotornya, Bendahara dan Kadis Pendidikan Sorong Terancam 20 Tahun Penjara

"Kenyamanan anak merupakan hal utama yang harus kita pikirkan sebagai orang tua, seperti membangun suasana rumah yang tenang dan area bebas belajar," jelasnya kepada Tribun-Papua.com, Jumat (20/8/2021).

Tidak hanya itu, ia bahkan mengizinkan anak-anaknya untuk belajar tidak hanya di satu tempat, melainkan di setiap sudut rumah boleh mereka pakai.

"Jelas mereka itu anak-anak yang sedang aktif, ruang pun harus terbuka bagi mereka dan tidak hanya di kamar tidur tapi di mana saja boleh asal mereka fokus belajar," tegas wanita asal Kota Manado, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Baca juga: Pemerintah Gucurkan Rp.10,3 Milliar Bantuan Lansung Tunai Bagi 10 Ribu KK di Yahukimo

Tidak hanya itu, bahkan anaknya yang bernama Samuel Woisiri (15), sering menggunakan gudang untuk mendapat suasana tenang dalam rumah.

"Anak-anak akan jenuh kalau cuman satu tempat, jadi kadang ada di kamar, ruang tamu hingga gudang juga ada," jawabnya.

Selain itu, ia juga memberikan waktu bagi anak-anak untuk bermain handphone dengan jadwal yang telah ditentukan.

Baca juga: Pascaaksi KKB, Polres Yahukimo Berikan Jaminan Keamanan Bagi Masyarakat

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved