Breaking News:

PON XX Papua

Melalui PON XX Papua, Kekayaan Budaya Setiap Suku Harus Ditonjolkan

“Tidak hanya prestasi, pembangunan, namun kesuksesan terhadap kebudayaan dan ekonomi di Papua harus bisa diangkat melalui PON XX Papua,” kata Yori.

Penulis: Patricia Laura Bonyadone | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Merry Rumbino
LUKISAN KULIT KAYU - Corry Ohee (51) mengajar cucunya melukis di atas kulit kayu. Momen PON XX 2021 dimanfaatkan masyarakat Asei Pulau memperkenalkan budaya Sentani Timur yaitu lukisan di atas kulit kayu. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Tirza Bonyadone

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Provinsi Papua tidak hanya kaya alamnya. Dibalik semua itu, nyatanya beragam budaya juga yang dimiliki oleh masing-masing suku, membuat Papua sangat kaya dengan nilai sejarahnya.

Melalui Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, pemerintah dapat memperkenalkan keindahan budaya dari setiap suku yang ada di Papua.

Untuk itu, sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat dalam ajang ini dibuat Bidang Sosial Budaya, mengingat 35 persen suku berasal dari Papua.

Baca juga: Jelan PON XX 2021, BUMN Diharapkan Dapat Melihat Tempat Wisata yang Kurang Terawat 

Koordinator Pameran dan Pementasan Bidang Sosial Budaya, Enrico Yori Kondologi (40), mengatakan Papua diharapkan dalam event nasional ini pengenalan budaya harus sukses.

“Tidak hanya prestasi, pembangunan, namun kesuksesan terhadap kebudayaan dan ekonomi di Papua harus bisa diangkat melalui PON XX Papua,” kata Yori kepada Tribun-Papua.com, Jumat (27/8/2021).

Dirinya merasa, ini merupakan momentum yang sangat baik dalam memperkenalkan budaya.

Mengingat, masyarakat Indonesia pada umumnya hanya mengenal Raja Ampat, kebudayaan Asmat padahal masih banyak yang bisa dipelajari.

“Tugas dari kami itu adalah mengkoordinir semua kegiatan adat seni dan budaya. Sehingga kami membuat dua program yakni Promosi Seni dan Budaya lalu Pentas Seni,” ujarnya.

Hal ini telah dilakukan oleh pihaknya dalam mengidentifikasi potensi seni budaya, yang ada di empat kluster PON secara umum.

Baca juga: Yakin Persipura Bermain Maksimal, Jacksen: Belum Tentu Klub Lain Punya Mental seperti Kami

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved