Breaking News:

Pertanian Papua

Muhamad Musaad Sebut Kehadiran Menteri Syahrul Bangkitkan Spirit Pertanian Papua

Kehadiran Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo di Jayapura, bangkitkan spirit dan membangun pertanian di Papua

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: Musa Abubar
Tribun-Papua.com/Calvin Louis Erari
Asisten II Setda Papua Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi Papua, Muhamad Musaad 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA - Kehadiran Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo di Jayapura, bangkitkan spirit dan membangun pertanian di Papua.

Demikian disampaikan Asisten II Setda Papua Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi Papua, Muhamad Musaad.

Baca juga: Masih Cidera, Berikut Kabar Dua Legiun Asing Persipura

Musaad menyampaikan itu dalam sambutannya disela-sela kunjungan Menteri Pertanian di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Papua, di Yahim, Kelurahan Dobonsolo, Distrik Sentani, Kamis (2/9/2021).

Menurutnya, kunjugan tersebut memberi kekuatan bagi pemerinta daerah untuk kembali bangkitkan potensi pertanian di wilayah paling timur Indonesia ini.

Baca juga: Terkait Kasus Penyerangan Posramil Kisor, JDP Minta Pangdam Jangan Cepat Ambil Langkah

"Selama ini kita terlena dengan potensi tambang, sampe-sampe kita semua seperti dihipnotis bahwa tambang itu memberikan manfaat bagi pembangunanan di Papua, tetapi ternyata tidak,"ujarnya.

Musaad mengatakan tambang tak memberikan kontribusi tinggi, sebab penimatnya sangat rendah jika dibandingkan dengan pertanian.

"Untuk kontribusi tambang bagi PDBR kita memang cukup tinggi, bisa mencapai 34 persen, berbeda dengan kontribusi pertanian hanyalah 12 persen,"katanya.

Baca juga: Jadwal Pertandingan Persipura Jayapura Liga 1 Selanjutnya, Cek Posisi Klasemen Mutiara Hitam

Lanjut dia,tetapi yang menikmati kontribusi tambang itu hanya 1,4 persen, sementara yang menikmati pertanian di Papua 70 persen.

Oleh sebab itu, kata dia, dengan kehadiran Menteri Pertanian, memperingatkan pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Papua akan pentingnya pertanian didaerahnya.

"Jadi, saya anggap ini kesempatan baik bagi kita untuk kembali ke besik kita, dan ini akan memberikan semangat bagi kita semua untuk bangkit kembali mengidolakan pertanian,"ujarnya.

Baca juga: Sekolah di Surabaya Paksa Murid Bayar Seragam Rp 1,5 Juta, Wakil Wali Kota Geram: Harusnya Diberi

Ia menambahkan, dulu sektor pertanian sempat di Papua naik hingga 20 persen, namun belakangan ini terjadi penurunan yang cukup signifikan.

"Dengan kehadiran bapak Menteri Pertanian, maka atas nama pemerintah di Papua, kami memberikan apresiasi dan kita siap bersama bapak Menteri menggali potensi pertanian yang kita miliki ini,"tambah dia.(*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved