Breaking News:

PON XX Papua

Pembangunan untuk Event PON Papua Bukti Komitmen Pemerintah, Deputi KSP: Tanpa Membedakan Daerah

Event PON XX Papua pada Oktober 2021 mendatang di Bumi Cendrawasih disebut sebagai momentum pemerataan pembangunan.

(Dok. Kementerian PUPR.)
Kawasan sekitar venue PON XX Papua - Event PON XX Papua pada Oktober 2021 mendatang di Bumi Cendrawasih disebut sebagai momentum pemerataan pembangunan. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Event Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada Oktober 2021 mendatang di Bumi Cendrawasih disebut sebagai momentum pemerataan pembangunan.

Hal ini diungkapkan oleh Deputi V Kantor Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodhawardani dalam webinar kebangsaan bertajuk Penyelenggaraan PON Papua dan Semangat Bangkit dari Pandemi’ yang diselenggarakan Rumah Perdamaian Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI).

Jaleswari menyebut event olahraga bisa meningkatkan geliat infrastruktur di daerah seperti hotel, transportasi, dan fasilitas olahraga.

"PON 20 juga melibatkan atlet disabilitas yang merupakan simbol Indonesia ramah terhadap penyandang disabilitas," katanya dalam keterangan yang diterima, Sabtu (4/9/2021).

Baca juga: Dukung PON XX, Kapal Perang dan Kapal Rumah Sakit Milik TNI AL Menuju ke Papua

Baca juga: Kunker ke Jayapura, Menko Perekonomian Akan Tinjau Pasien Covid-19 dan Kesiapan PON XX

Ia menyebut Papua merupakan penghasil atlet dengan semangat dan bakat yang luar biasa, seperti Boaz Solossa yang menjadi inspirasi anak muda.

“Ini merupakan kehormatan bagi Papua untuk menjadi momentum meningkatkan prestasi di kancah nasional dan Internasional, momentum mempercepat vaksinasi nasional, perhatian besar dari pemerintah pusat untuk kesuksesan PON Papua merupakan hal yang terus di apresiasi,” kata Jaleswari.

 Ketua Rumah Perdamaian UI Muhammad Sya’roni Rofii mengatakan, penyelenggaraan PON di ujung timur Indonesia menjadi bukti komitmen pemerintah membangun seluruh penjuru Indonesia, tak terkecuali Papua.

“Ada persepsi di publik Papua mereka terpinggirkan dari agenda pembangunan pemerintah pusat. Faktanya pemerintah sedang berusaha membangun secara terencana tanpa membeda-bedakan daerah,” kata dia.

Menurutnya, penyelenggaraan PON di Papua jadi upaya untuk bangkit dari pandemi. Sebab, selama dua tahun terakhir bangsa Indonesia diselimuti oleh ketidakpastian karena pandemi.

Baca juga: PON XX Gerakkan UMKM dan Wisata Papua, Ini Strategi Menparekraf Sandiaga Uno

“Ajang PON bisa menjadi perekat solidaritas nasional, apalagi berdekatan dengan Hari Sumpah Pemuda,” imbuhnya.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved