Breaking News:

PON XX Papua

Mahfud MD: Penyerangan dan Pembunuhan 4 Anggota TNI AD, Tidak Pengaruhi Pelaksanaan PON XX di Papua

Kasus penyerangan di Posramil Kisor, Aifat, Kabupaten Maybarat, Papua Barat tidak mempengaruhi gangguan keamanan saat pelaksanaan PON XX di Papua.

Editor: Ridwan Abubakar Sangaji
Humas Polresta Jayapura Kota
Aparat keamanan saat bersiaga di Kota Jayapura Papua 

TRIBUN-PAPUA.COM  - Kasus penyerangan di Posramil Kisor, Aifat, Kabupaten Maybarat, Papua Barat tidak mempengaruhi gangguan keamanan saat pelaksanaan PON XX Papua 2-15 Oktober mendatang.

"Kita pastikan bahwa itu akan berjalan dengan baik. Saya selaku penanggung jawab di bidang keamanan sudah melakukan koordinasi secara rutin," ucap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Sabtu (4/9/2021).

Baca juga: Ditunjuk Golkar Sebagai Cawagub: Paulus Waterpauw Ternyata punya 13 Tanda Jasa dari Institusi Polri

Ia pun mengatakan berbagai upaya sudah dilakukan untuk diantisipasi ancaman, bahkan PON XX Papua juga dipastikan siap digelar.

"Tadi baru mengundang Menpora, Ketua KONI, Mabes TNI, Polri, BIN, BSSN, termasuk EO nya, mereka presentasi bahwa semuanya siap," ujar dia.

Baca juga: Terkait Penggunaan Mahkota Cenderawasih Pada PON XX Papua, Ini Tanggapan RBP

Mahfud menambahkan, pelaksanaan PON tetap dilakukan dengan memperhatikan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Karena situasinya masih dalam pandemi kalau terpaksa nanti ada protokol kesehatan yang ditegakkan di dalam seluruh venue yang menjadi tempat perlombaan, supaya dimaklumi dan supaya diikuti," ujarnya.

Baca juga: Inilah Curhatan 1 Anggota TNI AD Sebelum Tewas Dibantai Kelompok Separatis Papua Merdeka di Maybrat

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini juga tidak menghalangi masyarakat yang ingin menonton PON, tetapi tetap ada aturan yang harus diikuti.

Mahfud menambahkan, kesiaapan PON XX dan juga Papernas XVI juga sudah mencapai 99 persen dan sejumlah atlet dijadwalkan mulai tiba di Papua 20 September 2021.

Baca juga: Pastikan Papua Aman Jelang PON XX, Mahfud MD: Akan Berjalan dengan Baik

"Kita tidak menghalang-halangi orang yang mau menonton tapi ada batasan-batasannya, batasan mengenai jumlah, mengenai jarak, antigen, atau PCR dan sebagainya sudah diatur dan disiapkan sebaik-baiknya," ucap dia.(*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved