Breaking News:

Berita Populer

4 Berita Populer: Presiden Dilarang Pakai Mahkota Cenderawasih hingga KNPB Bakutembak Kontra Aparat

Empat berita populer terkait peristiwa di Papua dan Papua Barat, dirangkum Tribun-Papua.com selama 24 jam terakhir. Baca selengkapnya.

Tribun-Papua.com/Istimewa
Ilustrasi: Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama rombongan tiba di Bandara Sentani, dalam kunjungan menghadiri Natal Nasional 2014 di Kota Jayapura, Papua, 27 Desember 2014. Jokowi terlihat dipakaikan mahkota burung Cenderawasih oleh warga Papua. TEMPO/Cunding Levi 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Berikut empat berita populer yang dirangkum Tribun-Papua.com selama 24 jam terakhir, sejak Senin (6/9/2021) hingga Selasa (7/9/2021) siang.

1. Mahkota Burung Cenderawasih Sakral, Presiden Tak Bisa Pakai

Seorang Kepala Suku di Kabupaten Jayapura, Alex Waisimon, mengatakan Mahkota Asli Burung Cenderawasih bersifat sakral.

Hal ini dilontarkan menyikapi polemik mahkota Cenderawasih asli yang akan dijadikan sebagai souvenir atau nantinya dilekatkan bagi para tamu PON XX Papua.

"Saya rasa sudah jelas, bahwa penggunaan Mahkota Burung Cenderawasih hanya untuk raja atau kepala suku, tidak untuk pejabat pemerintahan," kata Alex kepada Tribun-Papua.com, Selasa (7/9/2021).

Bahkan kata dia, presiden pun tidak diperkenankan untuk mengenakannya.

Sejak 2017, setelah dikeluarkannya surat edaran Gubernur Papua kala itu, Alex mengatakan semua pihak telah berkomitmen, untuk tidak menggunakan Mahkota Burung Cenderawasih asli secara bebas.

Alex menegaskan jika secara kearifan lokal kesukuan di Papua, telah mengenal konsep konservasi secara sederhana.

Ketika disinggung soal makna Burung Cenderawasih dalam konteks adat Papua, ia mengatakan sangat bermakna tinggi dan sakral.

Baca Selengkapnya >>>

Halaman
1234
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved