Breaking News:

PON XX Papua

Lukas Enembe: Sukses PON XX Jadi Bukti Harga Diri Orang Papua

"Ini adalah kesempatan kita mewujudkan bahwa, Papua bisa menjadi garda terdepan bangsa Indonesia dalam urusan olah raga,” kata Lukas Enembe.

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
PON XX PAPUA - Gubernur Papua Lukas Enembe melepas kontingen Provinsi Papua dalam gelaran PON XX yang akan dilaksanakan Oktober mendatang, Kamis (9/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBIN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Gubernur Papua Lukas Enenmbe, mengatakan kesuksesan PON XX Papua menjadi pembuktian harga diri orang Papua sebagai bagian dari bangsa Indonesia.

"Kita wajib meraih kesuksesan. Baik itu sukses prestasi, atministrasi, kebudayaan, penyelenggaraan, serta ekonomi, dan tidak boleh ada kelengahan sedikitpun," kata Enembe dalam sambutannya saat pelepasan Atlet PON XX di Stadion Mandala Jayapura, Kamis (9/9/2021).

Baca juga: Lukas Enembe Lepas Kontingen Provinsi Papua Raih Juara pada PON XX

Menurut dia, PON XX adalah kesempatan bagi Papua untuk menjadi yang terbaik dalam bidang olahraga di tanah air.

"Ini adalah kesempatan kita mewujudkan bahwa, Papua bisa menjadi garda terdepan bangsa Indonesia dalam urusan olah raga,” ujarnya.

Gubernur Lukas menambahkan, sebagai komitmen, pemerintah Provinsi Papua, telah menyediakan persembahan bagi setiap atlet yang berprestasi dalam even PON XX Papua.

Diman persembahan tersebut diantaranya, setiap atlet yang mendapatkan medali Emas, diberi uang tunai sebesar 1 Miliya.

Kemudian yang dapatkan medali Emas berunggu akan diberikan 650 juta per atlet, sementara untuk medali Perak dapatkan 500 juta, per atlet, lalu medali Perunggu 250 juta per atlet, kemudian yang mendapatkan medali Perunggu berunggu akan diberikan 165,5 juta per atlet dan Non medali 10 juta per atlet.

Baca juga: Ketambahan Amunisi dan Persiapan Matang, Persipura Siap Curi 3 Poin dari Persela

Hal itu diberikan sebagai apresiasi Pemerintah Provinsi Papua kepada seriap atlet yang berlaga di even PON XX Papua.

"Kami menyadari bahwa setiap keringat yang kalian cucurkan adalah untuk kebanggan Papua untuk mengapresiasi setiap perjuangan kalian," ucapnya.

Selain itu, Enembe juga menyampaikan dengan adanya pelaksanaan PON ini, Papua bisa dapat melahirkan altet hebat.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Nabire, Tak Berpotensi Tsunami 

"Saya memimpikan bahwa PON XX ini akan melahirkan Boaz Salosa, Lisa Rumbewas, Carol Renwarin, yang baru, serta banyak lagi legenda olahraga yang tidak saya sebut satu persatu, dan saya percaya akan selalu lahir mutiara-muriara baru dari tanah kita, tanah Papua yang akan mengharumkan bangsa Indonesia untuk di kanca dunia," ungkapnya.

Lukas Enembe percaya, para atlet untuk mendapatkan 5 besar bukanlah hal yang sulit.

"Seharunya untuk mencapai 5 besar bukanlah hal yang sulit bagi teman-teman atlet semua, saya percaya kepada energi dan kemampuan yang kalian miliki. Saya juga percaya, bahwa dukungan masyarakat papua secara langsung akan membakar gelora juang kalian semua dalam bertanding, percayalah torang bisa," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved