Breaking News:

Perang Suku di Papua

Pasca Berakhirnya Perang Suku, Bupati Puncak Jaya Hibahkan Rp 10 Miliar Rupiah Untuk Masyarakat

Selama 3 tahun lebih dalam masa peperangan, masyarakat antar suku di Kabupaten Puncak akhirnya menemui titik kesepakatan, yakni berdamai.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Ridwan Abubakar Sangaji
Humas Puncak Jaya
mediasi perjanjian kesepakatan perang suku wilayah II oleh Pemda, DPRD dan TNI Polri dan pemuka agama. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Selama 3 tahun lebih dalam masa peperangan, masyarakat antar suku di Kabupaten Puncak akhirnya menemui titik kesepakatan, yakni berdamai.

Bertempat di Lapangan Alun-alun Distrik Ilu, Kabupten Puncak Selasa (7/9/2021) dilakukan mediasi perjanjian kesepakatan perang suku wilayah II oleh Pemda, DPRD, TNI Polri dan pemuka agama.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kabupaten Puncak Jaya Dr Yuni Wonda, memberikan bantuan dana kemanusiaan sebesar 10 miliar rupiah.

"Kami memberikan bantuan uang sebesar 5 milyar untuk kubu bagian atas, dan 5 milyar untuk bagian bawah, jadi total 10 milyar," sebutnya.

Baca juga: Atlet Papua, Peraih Emas siap dapat Bonus Rp.1 Miliar dari Gubernur Lukas Enembe

Yuni mengatakan bantuan dana tersebut dimaksudkan, untuk memulihkan kondisi sosial dan psikologi masyarakat pasca perang suku.

Selain bantuan dari kepala daerah, turut juga ikut membantu dari pimpinan DPRD Kabupaten Puncak, yang memberikan bantuan 2 milyar.

Sehingga total bantuan keseluruhan ialah 12 miliar, dilengkapi secara adat budaya diberikan Noken kepada kedua belah pihak, dari ASN dan juga masyarakat yang hadir.

Baca juga: Kesiapan Venue PON XX Papua di Kluster Merauke Capai 99%, Tersisa 2 Venue untuk MoU 

Dalam pers rilis yang diterima Tribun-Papua.com Kamis (9/9/2021), Yuni menuturkan agenda perang antara pihak atas dan pihak bawah ini, merupakan perang yang mulai dilakukan sejak tahun 2018 dan pada tanggal 22 juni 2018 pasca pergeseran Kepala kampung.

Dirinya menyebutkan titik tempat peperangan tersebar luas di 10 distrik atau dikenal dengan wilayah II.

Baca juga: Bulan Oktober mendatang, Presiden Jokowi  tiba di Papua

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved