Breaking News:

Ekonomi & Bisnis

Pengusaha Asli Papua Dapat Pelatihan Perencanaan Bisnis dari Disperindagkop

Sekadar diketahui, pelatihan penyusunan bisnis plan yang dilaksanakan oleh Disperindagkop Provinsi Papua itu, menyasar pengusaha asli Papua.

Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
UMKM PAPUA - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) UKM dan Tenaga Kerja Provinsi Papua mengadakan pelatihan perencanaan bisnis bagi pengelola koperasi dan UMKM di Kota Jayapura, Kamis (9/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) UKM dan Tenaga Kerja Provinsi Papua menggelar pelatihan penyusunan bisnis plan bagi pengelola koperasi.

Pelatihan tersebut berlangsung selama 3 hari di Hotel Aston Jayapura, sejak Kamis (9/9/2021) hingga Sabtu (11/9/2021).

Kepala Balai Latihan Koperasi dan UKM Provinsi Papua, Fransiska H Terry, mengatakan pertemuan tersebut, diikuti oleh pelaku koperasi dan UMKM di Kota Jayapura.

"Sebanyak 80 orang ikuti kegiatan ini, yang terdiri dari pelaku UMKM dan koperasi," katanya saat ditemui Tribun-Papua.com, Kamis (9/9/2021).

Baca juga: Lukas Enembe Lepas Kontingen Provinsi Papua Raih Juara pada PON XX

Baca juga: FKPPI Serahkan Bantuan 25 Set Oxygen Concentrator ke RS TNI-Polri di Papua 

Nantinya, setelah mendapatkan materi pelatihan dan jejaring, pelaku UMKM dan koperasi yang mengikuti pelatihan penyusunan bisnis plan tersebut, dapat merencanakan usahanya secara baik di masa mendatang.

"Sehingga kita harapkan dengan mempunyai perencanaan bisnis yang baik, UMKM dapat naik kelas, misalnya peningkatan daru usaha kecil menjadi usaha besar," terangnya.

Baca juga: BREAKING NEWS: Bupati dan Aparat Tinjau Pengungsi Maybrat Pascapenyerangan Posramil Kisor

Dalam kesempatan itu, Fransiska juga menyebutkan guna membantu para palaku usaha, Disperindagkop bekerjasama dengan Bank Papua meluncurkan program Kredit Papeda.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan jika kredit Papeda nantinya diharapkan dapat membantu pelaku UMKM untuk mandiri secara finansial, dan dapat terbantu dari sisi permodalan.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Nabire, Tak Berpotensi Tsunami 

Terkait PON XX Papua, Fransiska mengatakan pihaknya telah memasok sejumlah pelaku UMKM asli Papua, untuk memasarkan produk-produknya.

Sekadar diketahui, pelatihan penyusunan bisnis plan yang dilaksanakan oleh Disperindagkop Provinsi Papua itu, menyasar pengusaha asli Papua.(*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved