Breaking News:

Lipsus Mahkota Burung Cenderawasih

Yunus Wonda: Kami Larang Mahkota Cenderawasih Dijadikan Cenderamata PON XX Papua

Bahkan Presiden Joko Widodo tidak mengenakan mahkota burung Cenderawasih, setibanya di Jayapura untuk membuka acara penyelenggaraan PON XX, nantinya. 

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: Paul Manahara Tambunan
Tribun-Papua.com/Calvin Louis Erari
Ketua Harian PB PON XX Papua, Yunus Wonda menegaskan pihaknya tak menggunaan mahkota burung Cenderawasih sebagai cenderamata untuk tamu PON XX, Oktober mendatang. Presiden sekalipun tidak menggunakannya. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua melarang penggunaan mahkota burung Cenderawasih dijadikan cenderamata dalam event nasional pada Oktober mendatang.

Hal itu ditegaskan Ketua Harian PB PON XX Papua 2021, Yunus Wonda di Jayapura, Kamis (9/8/2021) sore.

"Selaku ketua harian, saya mau sampaikan kami tidak menggunakan mahkota Cenderawasih, sama sekali tidak, dan kami juga tidak menggunakan Noken imitasi," tegasnya kepada Tribun-Papua.com.

Ia membantah isu yang menyebut PB PON XX menjadikan mahkota Cederawasih sebagai cenderamata bagi para tamu yang akan datang ke Papua.

Baca juga: Mahkota Cenderawasih Bukan Cenderamata, PB PON XX Papua: Dilarang Keras

Baca juga: Tolak Mahkota Cenderawasih Dijadikan Cenderamata, Ramses Wally: Itu Kebesaran Adat Papua

Ilustrasi: Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama rombongan tiba di Bandara Sentani, dalam kunjungan menghadiri Natal Nasional 2014 di Kota Jayapura, Papua, 27 Desember 2014. Jokowi terlihat dipakaikan mahkota burung Cenderawasih oleh warga Papua. TEMPO/Cunding Levi
Ilustrasi: Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama rombongan tiba di Bandara Sentani, dalam kunjungan menghadiri Natal Nasional 2014 di Kota Jayapura, Papua, 27 Desember 2014. Jokowi terlihat dipakaikan mahkota burung Cenderawasih oleh warga Papua. TEMPO/Cunding Levi (Tribun-Papua.com/Istimewa)

"Saya mau tegaskan itu oknum-oknum yang mau gagalkan PON XX, mereka ingin membuat images PON menjadi tidak bagus."

"Kami sangat tegas melarang untuk tidak menggunakan itu, tetapi kalau rakyat yang jual bukanlah ranah kami, itu masyarakat, bukan panitia, jangan karena orang jual di jalan, terus orang kira Panitia," jelasnya.

Baca juga: Bukan Mahkota Cenderawasih, BBKSDA Papua: PB PON XX Gunakan Noken Sebagai Cenderamata

Bahkan kata Yunus, Presiden Joko Widodo tidak mengenakan mahkota burung Cenderawasih, setibanya di Jayapura untuk membuka acara penyelenggaraan PON XX, nantinya. 

"Tidak," tegas Yunus.

PB PON XX juga telah sepakat agar mahkota Cenderawasih tidak digunakan sebagai suvenir pada pelaksanaan pesta olahraga nasional empat tahunan di Papua.

"Kami memang sudah sepakat untuk tidak menggunakan Cenderawasih, karena kami tau itu burung yang dilindungi dan kami juga sudah mendapatkan surat dari beberapa komponen untuk tidak menggunakan barang itu," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved