Breaking News:

Papua Terkini

Pesan Gubernur Papua di Pelantikan Bupati Mamberamo Raya: Jangan Komunikasi Langsung ke Kementerian

Janganlah saudara bupati dan wakil bupati langsung melakukan komunikasi ke kementerian atau lembaga di (Pemerintah) Pusat tanpa sepengetahuan saya.

Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Calvin Erari
DILANTIK - Gubernur Papua Lukas Enembe melantik John Tabo dam Ever Mudumi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Mamberamo Raya di Gedung Negara, Kota Jayapura, Senin (13/9/2021). 

TRIBUN-PAPUA.COM: Tak ingin para bupati melangkahi kewenangan dari guberur, Lukas Enembe pun memberikan wejangan terhadap Bupati dan Wakil Bupati Mamberamo Raya, John Tabo dam Ever Mudumi.

Dalam wejangan tersebut, Gubernur Lukas berharap para bupati di wilayah Papua untuk tak sungkan-sungkan membangun komunikasi dengan dirirnya.

"Janganlah saudara bupati dan wakil bupati langsung melakukan komunikasi ke kementerian atau lembaga di (Pemerintah) Pusat tanpa sepengetahuan saya," kata Gubernur Lukas saat melantik John Tabo dam Ever Mudumi sebagai Gupati dan Wakil Bupati Mamberamo Raya di Gedung Negara, Senin (13/9/2021).

Baca juga: Pelatihan Jurnalis Peliput PON di Kabupaten Jayapura Sisahkan Utang

Hal tersebut wajar dilontarkan orang nomor satu di Papua tersebut, karena belajar dari pengalaman, ada beberapa pejabat langsung membangun komunikasi ke Pemerintah Pusat tanpa sepengetahuannya.

Hal ini bisa dilihat dari kasus Sekda Papua beberapa waktu lalu, yang mama Kemendagri melantik Sekda Papua menjabat sebagai plh Gubernur Papua.

Alkhasil, Gubernur Papua pun marah, dan memaksakan diri untuk kembali ke Papua walau kondisi kesehatannya belum pulih betul.

Dalam sekejap, Gubernur Lukas pun melantik Ridwan Rumasukun untuk menggantikan Sekda definitif.

Pelantikan Rumasukun berlangsung di Gedung negara Dok V, pada Rabu (14/7/2021) lalu.

Dalam pelantikan tersebut, Sekda Definitif Dance Yulian Flassy tak hadir dalam giat tersebut.

Baca juga: Maybrat Bukan Daerah Operasi Militer, Ini Harapan MRPB

Informasi yang diperoleh Tribun-Papua.com, Flassy tak menghadiri acara itu lantaran mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 di salah satu sekolah kawasan Distrik Jayapura Utara.

Sebelumnya, Gubernur Lukas Enembe menunjuk Ridwan Rumasukun sebagai Plt Sekda Papua berdasarkan Surat Perintah Pelaksana Tugas Nomor 800/7207/SET, pada 30 Juni 2021.

Baca juga: Hati-hati Bagi Nelayan, Waspadai Agin kencang di Perairan Papua Selama 24 Jam ke Depan

Ridwan menggantikan Sekda Definitif, Dance Yulian Flasy yang ditunjuk langsung pemerintah Pusat melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Pelantikan Ridwan Rumasukun sebagai Plt Sekda Papua dihadiri seluruh jajaran SKPD.

Sementara, penunjukan Plt Sekda Papua oleh Gubernur Lukas dinilai menyalahi aturan UU Pemerintahan, hingga menimbulkan polemik di kalangan masyarakat Papua. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved