Breaking News:

Balita Penggemar Makan Tanah di Tegal Dinyatakan Sehat

"Bagian dada dan perutnya dirontgen. Alhamdulillah kata dokter hasilnya semua baik-baik saja. Tidak ada yang sakit," kata Umrotun.

Editor: Roy Ratumakin
Kompas.com/Tresno Setiadi
Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat menggendong VF (3) balita yang gemar makan tanah anak dari keluarga tidak mampu saat berkunjung di wilayah Kelurahan Debong Lor, Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah, Senin (13/9/2021). 

TRIBUN-PAPUA.COM: VF (3) balita di Kota Tegal, Jawa Tengah yang gemar makan tanah dan puing tembok diketahui tidak mengalami gangguan pencernaan. Hal ini setelah dilakukan sejumlah pemeriksaan tim dokter rumah sakit

VF anak dari pasangan Carmo (50) dan Umrotun (41) dari keluarga tidak mampu di Kelurahan Debong Lor, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, dinyatakan dalam kondisi sehat.

"Bagian dada dan perutnya dirontgen. Alhamdulillah kata dokter hasilnya semua baik-baik saja. Tidak ada yang sakit," kata Umrotun di kediamannya dikutip Tribun-Papua.com dari laman Kompas, Selasa (14/9/2021).

Baca juga: Kisah Bocah 3 Tahun Gemar Makan Tanah dan Pecahan Tembok, Ibu: Kalau Dilarang Nangis, Keterusan

Sebelumnya, VF dirujuk ke RSUD Kardinah setelah dikunjungi Kepala Dinas Kesehatan dr Sri Prima Indraswari dan Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat, Senin (13/9/2021) pagi.

Diungkapkan Umrotun, sejak memiliki kebiasaan memakan tanah sekitar 1,5 tahun lalu, anaknya tersebut memang tidak pernah mengeluh gejala berat.

Meski beberapa kali disampaikannya pernah mengalami sakit perut, tapi tidak lama. "Beberapa kali memang sakit perut dan mencret, namun tidak lama," kata Umrotun.

Saat sakit perut itu, Umrotun tidak pernah membawanya ke dokter, tapi hanya diberi puyer. "Setelah dikasih obat warung alhamdulillah sembuh. Jadi tidak pernah dibawa ke dokter," pungkas Umrotun.

Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro berharap agar orangtua VF lebih mengawasi. Sehingga buah hatinya tidak lagi memakan serpihan tembok dan tanah.

Baca juga: 4 Berita Populer: Layanan Pelni Jayapura Kembali Dibuka hingga PB PON Dinilai Abaikan BBM Aerosport

"Meski saat ini tidak ada keluhan kesehatan, namun dikhawatirkan nanti akan berdampak pada tubuhnya jika masih dibiarkan memakan sesuatu yang bukan peruntukannya," kata Kusnendro, saat berkunjung ke rumah VF, Senin (13/9/2021).

Kusnendro juga meminta agar Pemkot bisa memfasilitasi pengurusan administrasi kependudukan, sehingga bisa diusulkan untuk mendapatkan bantuan pemerintah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved