Breaking News:

PON XX Papua

Jelang PON XX, PT Angkasa Pura I Lakukan Beautifikasi Bandar Udara Sentani Jayapura

Bandara Sentani Jayapura terus berbenah, guna mendukung PON XX Oktober Mendatang dengan melakukan beautifikasi.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
PON XX PAPUA 2021 - Terminal Keberangkatan di Bandar Udara Sentani Jayapura yang tampak telah dilakukan Beuatifikasi oleh pihak Angkasa Pura I Bandara Sentani, Selasa (14/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Bandara Sentani Jayapura terus berbenah, guna mendukung PON XX Oktober Mendatang dengan melakukan beautifikasi.

Hal ini juga merupakan upaya peningkatan pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero), melalui pengembangan berbagai bandaranya, termasuk Bandara Sentani Jayapura.

Melalui telewicara bersama Tribun-Papua.com Selasa (14/9/2021) Stakeholders Relation Manager Bandara Sentani Surya Eka, mengatakan pihaknya memang sedang mengerjakan beautifikasi bandara dan overlay runway.

Baca juga: Aksi KKB di Pegubin, Letkol Irreuw: Prada Ansar Luka Tembak 2 Butir Amunisi Tembus Tulang

"Progress sampai dengan tanggal 12 September 2021 ini, pekerjaan beautifikasi Bandara Sentani sudah mencapai mencapai 83,40 persen," sebutnya dalam rilis.

Eka juga mengatakan pekerjaan Beautifikasi ditargetkan, selesai pada akhir September 2021.

Dirinya menjelaskan, beautifikasi terminal dilakukan dengan merenovasi interior di area keberangkatan, check in, kedatangan, dan toilet, dengan mengadopsi kearifan lokal berupa motif ukir khas Sentani.

Selain beautifikasi terminal penumpang, juga dilakukan pelapisan landas pacu (overlay runway), untuk meningkatkan kekuatan landas pacu, sehingga pesawat Boeing B737 800 NG dan Boeing B737 900ER, dapat mendarat mulus.

Baca juga: Info BMKG: Prakiraan Cuaca Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom, Selasa 14 September 2021

"Untuk pelapisan landasan pacu, saat ini progress pekerjaannya sudah mencapai 90,76% juga, untuk mendukung penyelenggaraan PON XX," sebut Eka.

Dalam menghadirkan semarak PON, di Bandara Sentani, saat ini dibuat instalasi booth, maskot, branding gate keberangkatan dan kedatangan.

Kemudian instalasi wall branding hall di area keberangkatan dan kedatangan.

Baca juga: Kasus Kumulatif Positif Covid-19 di Jayapura Capai 12.794

Sekadar diketahui, saat ini Bandara Sentani memiliki landas pacu berdimensi 3.000 meter x 45 meter dengan kapasitas apron 13 parking stand, untuk pesawat berbadan kecil (narrow body).

Kemudia terdapat 8 parking stand untuk pesawat kargo, dan 11 parking stand untuk pesawat kecil berbaling-baling (propeller).

Adapun pesawat terbesar yang mampu dilayani saat ini yaitu B-737 800 NG dan 900 ER.

Sementara gedung terminalnya memiliki luas 14.300 meter persegi (2 lantai), dan kapasitas ruang tunggu dapat menampung 2.045 orang. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved