Breaking News:

PON XX Papua

Dukung PON XX Papua, Pemkab Biak akan Kirim Ikan Segar dan Telur Lokal ke Jayapura

Dalam menjamin persediaan konsumsi atlet dan kontingen, selama PON XX Papua, Pemkab Biak Numfor akan memasok telur dan ikan segar ke Jayapura.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Ridwan Abubakar Sangaji
Tribun-Papua.com/ Ridwan Abubakar
Pasar Bosink, Biak Numfor 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Dalam menjamin persediaan konsumsi atlet dan kontingen, selama PON XX Papua berlangsung, Pemkab Biak Numfor akan memasok telur dan ikan segar ke Jayapura.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Kabupaten Biak Numfor Herry Ario Naap, melalui gawainya, kepada Tribun-Papua.com Rabu (15/9/2021).

"Untuk persiapan PON XX, Ketua Harian PB PON Yunus Wonda sudah hubungi saya, untuk meminta pasokan ikan dari Biak ke Jayapura," jelasnya.

Baca juga: Komnas HAM Nilai Aksi KKB di Kiwirok bukan Bentuk Perjuangan Papua Merdeka, Tetapi Kriminal Murni

Namun, Herry menyebutkan ikan yang berpotensi untuk dikirim ke Jayapura ialah Tenggiri dan Tuna, selain itu Lobster juga bisa dipasok.

Meski begitu, Herry belum dapat memastikan jumlah yang dibutuhkan untuk event empat tahunan itu.

"Terkait berapa banyak yang dibutuhkan, masih perlu dibicarakan lebih lanjut," katanya.

Baca juga: Organisasi Papua Merdeka Keluarkan Maklumat Tidak Ada Aksi Penembakan saat PON XX Papua

Tak hanya itu, daerah yang terkenal dengan julukan karang panas tersebut, juga diminta oleh Panitia Besar (PB) PON XX, untuk memasok telur lokal.

Untuk itu, Herry menegaskan jika daerah yang dipimpinnya, dapat menjamin pasokan ikan segar dan telur, untuk konsumsi selama PON XX Papua berlangsung.

"Kita tahu bahwa, Biak punya potensi ikan yang banyak dan dapat dikirim, selain itu kami juga sudah swasembada telur," cetusnya.

Baca juga: Sebelum Jatuh dan Meledak, Pesawat Twin Other Terlebih dulu Menabrak Gunung

Terkait permintaan telur lokal untuk PON XX, Herry menjelaskan Kabupaten Biak telah meraih surplus telur lokal, dengan produksi 80.000 butir sampai 150.000 butir setiap harinya.

"Hal ini tentu, wujud nyata dari komitmen saya bersama para peternak, yang menjamin dapat mencukupi kebutuhan telur bagi masyarakat," ujarnya.

Terkait capaian itu, di Kabupaten Biak Numfor saat ini, pihaknya telah menghentikan pengiriman telur dari Makassar dan Surabaya.

Baca juga: Masih Ingat AKBP Untung Sangaji, Tiba-tiba Mendagri Tito Karnavian Pijit Punggung Kapolres Merauke

Sekadar diketahui, walaupun Kabupaten Biak Numfor, tidak menjadi kluster penyelenggara PON XX, namun dukungan dan kerjasama untuk sukseskan event olahraga nasional itu, tetap besar adanya.(*

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved