Breaking News:

Mencari Pengganti Klemen Tinal

Pembentukan Pansus Tunggu Finalisasi dari Koalisi dan Surat Pemberhentian dari Presiden

“Prinsipnya, kami (DPR Papua) siap membentuk pansus, namun kami menunggu bagimana proses yang dilakukan oleh koalisi," kata Jhony Banua Rouw.

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Calvin Erari
Ketua DPR Papua Jhony Banua Rouw. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Pembentukan panitia khusus (Pansus) Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Papua hingga kini masih menunggu finalisasi dari Koalisi Papua Bangkit Jilid II pegusung Lukas Enembe-Klemen Tinal.

Hal ini dikatakan Ketua DPD Papua Johny Banua Rouw kepada awak media termasuk Tribun-Papua.com, Selasa (14/9/2021) malam.

“Prinsipnya, kami (DPR Papua) siap membentuk pansus, namun kami menunggu bagimana proses yang dilakukan oleh koalisi. Sebab proses koalisi (sampai sekarang) belum selesai," kata Jhony.

Baca juga: Kapolres Intan Jaya Akui Pesawat Rimbun Air Hilang Kontak di Wilayahnya

Menurutnya, DPR Papua juga akan melihat, apabila telah ada tanda baik atas proses lobi politik oleh koalisi, maka pihanya sesegera mungkin membentuk pansus.

"Karena di DPRP sendiri, pansus itu ada batas waktu kerjanya, apabila hari ini kita buat pansus, dan waktu habis karena proses di koalisi belum selesai, maka nantinya tidak bisa lagi berbuat apa-apa," ungkapnya.

Baca juga: Pesawat Rimbun Air Hilang Kontak di Intan Jaya Berisi 3 Kru, Berikut Namanya

Untuk itu, kata dia, DPR Papua bisa bekerja melakukan pembentukan pansus Cawagub Papua apabila proses penentuan calon wakil Gubenur di koalisi sudah dinyatakan selesai.

Tidak hanya itu, selaku ketua DPR Papua, Johny Banua Rouw mengatakan, hingga saat ini pihaknya juga masih menunggu surat keputusan pemberhentian Wakil Gubenur Papua almarhum Klemen Tinal dari Presiden RI.

"Jadi kita menunggu saja," pungkasnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved