Breaking News:

Vaksinasi Rabies

Sambut Hari Rabies Sedunia, Disbunnak Kabupaten Jayapura Gelar Vaksinasi Hewan Kesayangan

Hari Rabies Sedunia merupakan kampanye global yang diselenggarakan pada 28 September tiap tahun

Editor: Musa Abubar
Istimewa
VAKSINASI RABIES - Tampak Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Jayapura, Ir. H. Sambodo Samiyana, M.Si, saat menyuntikkan vaksin Rabies ke salah satu hewan peliharaan anjing 

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA- Hari Rabies Sedunia merupakan kampanye global yang diselenggarakan pada 28 September tiap tahun.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Jayapura, Ir. H. Sambodo Samiyana menjelaskan, peringatan Hari Rabies Sedunia dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pencegahan dan pengendalian penyakit rabies. Hari Rabies Sedunia mulai diselenggarakan di 2007 lalu.

Baca juga: Viral Video Sepasang Pengantin Gendong Bayi Kembar saat Memasuki Ruang Resepsi Pernikahan

Dalam rangka menyambut Hari Rabies Sedunia atau yang dikenal sebagai World Rabies Day (WRD) pada 28 September itu, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Jayapura menyelenggarakan Vaksinasi Rabies Gratis terhadap hewan kesayangan terutama Kucing dan Anjing.

Dia mengatakan kegiatan ini sudah dilaksanakan pada Sabtu (18/9/2021), di Sentani Lake Sunset, Kabupaten Jayapura.

Lanjut dia, vaksinasi yang dilakukan melibatkan komunitas Dog Lovers Jayapura,selain vaksinasi rabies pada hewan kesayangan, juga dilaksanakan pemeriksaan kesehatan, pengobatan dan konsultasi kesehatan.

Vaksinasi pada hewan kesayangan merupakan salah satu cara mencegah penyebaran rabies.

Baca juga: Jelang PON XX Papua, Maruf Amin akan Segera Berkunjung untuk Bertemu Sejumlah Tokoh

vaksinasi Rabies yang dilaksanakan pada 18 September 2021 itu, antusias masyarakat terutama para pemilik dan pencinta hewan kesayangan tinggi.

Hal ini terlihat sejak dimulainya pembukaan kegiatan penyuntikan vaksinasi Rabies sekitar pukul 14.00 WIT, terlihat antrian masyarakat yang membawa kucingnya maupun anjingnya untuk divaksinasi.

"Jadi ini dalam rangka menyambut peringatan Hari Rabies Sedunia, sehingga kami dari Disbunnak bekerjasama dengan Dog Lovers Jayapura mengadakan suntik rabies untuk kucing dan anjing di Asei Faa atau Sentani Lake Sunset mulai pukul 14.00 WIT hingga pukul 19.00 WIT," kata Kadisbunnak Kabupaten Jayapura, Ir. H. Sambodo Samiyana melalui rilis pers yang diterima Tribun-Papua.com, Senin (20/9/2021).

Baca juga: Update Virus Corona di Papua dan Papua Barat Hari Ini, Senin 20 September 2021: Kasus Capai 56.201‬

"Saya melihat antusiasme masyarakat terutama para pemilik dan pecinta hewan kesayangan ini cukup tinggi. Kami memang sengaja buat di batas kota ini, karena kami memilih tengah-tengah antara Sentani dan kota Jayapura,"ujarnya.

Ia mengatakan sehingga memudahkan masyarakat, baik dari Sentani maupun kota Jayapura untuk membawa hewan peliharaannya ikut vaksinasi Rabies.

"Ya, kegiatan ini diikuti ratusan masyarakat terutama para pemilik maupun pencinta hewan peliharaan kucing dan anjing. Hari ini bisa terlihat ada yg membawa dua sampai tiga hewan kesayangan mereka," kata Chandra, salah seorang penghobi anjing dan reptil yang membawa 1 ekor anjing berbadan besar untuk mendapatkan vaksinasi Rabies.

Baca juga: Tampil Perdana, Baseball Papua Siap Beri Kejutan di PON XX

"Kemudian kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan yang bekerjasama dengan kami dari Dog Lovers Jayapura,"ujarnya.

Chandra menyebut, penghobi hewan kesayangan ini bukan hanya berasal dari wilayah Sentani, Kabupaten Jayapura saja, akan tetapi warga yang datang untuk vaksinasi Rabies tersebut berasal dari luar wilayah Sentani.

Baca juga: Wonderkid Persipura Ramai Rumakiek Resmi Dipanggil Timnas Senior Indonesia, Berikut Daftar 35 Pemain

Di antaranya ada dari wilayah Kotaraja-Abepura dan Waena-Heram, bahkan dari perkotaan Jayapura. Hewan yang divaksinasi Rabies ini mencapai ratusan ekor kucing dan anjing.

Ia menambahkan, beberapa ekor kucing ditolak untuk divaksinasi, karena kondisi yang kurang sehat dan ditemukan kucing dalam kondisi lemah jantung.(*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved