Breaking News:

Sandiaga Uno Kunjungi Papua

Wisata Alam dan Literasi, Sandiaga Uno: Kearifan Lokal Mampu Bangkitkan Ekonomi di Papua   

kearifan lokal, ada wisata edukasi sekaligus wisata alam, dan kita juga belajar wisata budaya

Penulis: M Choiruman | Editor: M Choiruman
ISTIMEWA
BIKIN SAGU - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menggunakan alat tradisional khas Papua memahat pohon sagu yang menjadi tahapan pengolahan sagu di sela-sela kunjungannya ke Papua, Selasa (21/9/2021). 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Kekayaan alam dan keragaman budaya di tanah Papua menjadi modal kebangkitan ekonomi masyarakat. Lewat literasi yang dihadirkan di Kabupaten Jayapura, kepulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) mampu menjadi jawaban atas harapan warga Papua.

Optimisme tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi Desa Wisata Kampung Yoboi, Kabupaten Jayapura, Papua pada Selasa (21/9/2021).

Sebelum Masuk Kampung Yoboi Jayapura, Sandiaga Uno Diadang Penari Isolo

Dalam kesempatan tersebut, dirinya yang ditemani sang istri, Nur Asia menyampaikan apresiasi atas terpilihnya Desa Wisata Kampung Yoboi sebagai 50 desa wisata terbaik se-Indonesia.

Desa yang berada di atas Danau Sentani itu dinilainya mampu menghadirkan pengalaman unik bagi siapapun yang berkunjung ke sana. Pengalaman itu pun diperkuat dengan aktifnya peran serta masyarakat, khususnya kaum ibu yang berinisiatif membangun Taman Literasi di Desa Wisata Kampung Yaboi.

"Kita lihat beberapa daya tarik, ada festifal sagu dan Taman Gizi. Saya juga sangat tergugah tadi melihat Mamah Hani dengan Taman Literasinya," ungkap Sandiaga Uno.

"Jadi ini adalah kearifan lokal, ada wisata edukasi sekaligus wisata alam, dan kita juga belajar wisata budaya," jelasnya.

Sandiaga Uno Ingatkan Tamu PON XX Papua Wajib Beli Noken

Lewat strategi promosi yang tepat, lanjutnya, Desa Wisata Kampung Yoboi serta sejumlah desa wisata lainnya di Provinsi Papua bisa lebih dikenal.

Sejurus dengan harapan dari Mamah Hani, desa-desa wisata tersebut pun diyakini Sandiaga Uno dapat menjadi tujuan utama dari para wisatawan, khususnya wisatawan Nusantara.

"Terima kasih dan selamat sebagai 50 desa wisata terbaik Desa Wisata Indonesia Bangkit, buka lapangan kerja seluas-luasnya, gerakkan ekonomi masyarakat," ungkap Sandiaga Uno.

"Dari desa-desa inilah potensi-potensi destinasi-destinasi wisata terbaik di Indonesia timur akan semakin banyak dikenal oleh masyarakat," ujarnya penuh harap. (*)

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved