Breaking News:

KKB Papua

Nakes Gerald Sokoy Ditemukan, Komnas HAM Negosiasi dengan KKB Papua untuk Evakuasi

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik menuturkan posisi tenaga kesehatan bernama Gerald Sokoy yang hilang seusai jadi korban KKB ditemukan.

Istimewa
Tenaga kesehatan, Gerald Sokoy yang dikabarkan hilang pascapenyerangan KKB di Distrik Kiwirok Kabupaten Pegunungan Bintang, pada 13 September 2021 lalu 

TRIBUN-PAPUA.COM - Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik menuturkan posisi tenaga kesehatan bernama Gerald Sokoy yang hilang seusai jadi korban Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) ditemukan.

Diketahui sebelumnya KKB melakukan penyerangan di Puskesmas Kiwirok, Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua pada Senin (13/9/2021).

Taufan mengatakan, Tim Komnas HAM sedang bernegosiasi dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) agar segera menyerahkan Gerald.

Baca juga: Sebut KKB Berupaya Rusak Citra Pemerintah soal Kondisi Papua, Kompolnas: Termasuk Pelaksanaan PON

Baca juga: Polda Papua Sebut KKB Masih Lakukan Penyerangan di Distrik Kiwirok: Mereka Ganggu dari Jauh

"Sebetulnya sudah ada kesediaan menyerahkan melalui Komnas HAM, nanti akan dibawa turun tetapi kami juga membutuhkan jaminan keselamatan," kata Taufan diskusi secara virtual bertajuk "Peduli Lindungi Nakes di Daerah Konflik", Sabtu (25/9/2021).

Taufan mengatakan, dalam proses penyerahan Gerald, Tim Komnas HAM juga meminta komitmen KKB dalam jaminan kesehatan Gerald dan seluruh tim.

"Jangan nanti saudara Gerald diserahkan atau petugas kami mengalami gangguan keamanan, jadi kami harus hati-hati, tapi komitmen dari KKB untuk menyerahkan saudara Gerald itu sudah disampaikan kepada kami," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, KKB diduga beraksi di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang membakar sejumlah fasilitas umum.

Baca juga: Ali Kabiay : Penyerangan KKB Terhadap Nakes di Kiwirok Langgar HAM

Salah satu fasilitas yang dibakar adalah Puskesmas Kiwirok.

Sebelum membakar Puskesmas Kiwirok, KKB yang diperkirakan berjumlah 50 orang, menyerang tenaga kesehatan (nakes).

Dikutip dari Kompas.id, pada 19 September 2021, sebanyak 10 orang nakes dalam penyerangan tersebut sudah dievakuasi ke Jayapura.

Adapun satu perawat bersama Gabriella Meilani meninggal dan empat rekannya mengalami luka berat dalam peristiwa tersebut.

Sementara itu, satu tenaga kesehatan bernama Gerald Sokoy belum ditemukan.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Komnas HAM Bernegosiasi dengan KKB Untuk Evakuasi Nakes Gerald Sokoy"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved