Breaking News:

PON XX Papua

Sebanyak 123 Relawan PON XX di Jayapura Dipersiapkan untuk Jaga Prokes, Ini Tugasnya

Sebanyak 123 orang relawan protokol kesehatan dipersiapkan untuk mendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada 2-15 Oktober 2021.

Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
PON XX PAPUA - Pelepasan atlet Provinsi Papua di Stadion Mandala Jayapura beberapa waktu lalu. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Sebanyak 123 orang relawan protokol kesehatan dipersiapkan BNPB dan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nasional untuk mendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada 2-15 Oktober 2021.

Ratusan relawan tersebut akan bertugas di wilayah Kota Jayapura.

Deputi Bidang Pencegahan BNPB Prasinta Dewi mengatakan, tugas para relawan mencakup tiga hal.

Baca juga: Boneka Maskot PON XX Papua di Timika Jadi Primadona 

Baca juga: 9.371 Anggota Polisi Amankan Pelaksanaan PON XX Papua

"Pertama, membagi masker kepada masyarakat umum, khususnya warga yang akan menyaksikan pertandingan olahraga di berbagai tempat penyelenggaraan PON," ujar Prasinta dilansir dari siaran pers di laman resmi covid19.go.id, Sabtu (25/9/2021).

"Kemudian, relawan melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat guna mengurangi penyebaran virus Covid-19 selama penyelenggaraan PON,” lanjutnya.

Selain itu, para relawan akan bertugas di enam gerai yang tersebar di tempat penyelenggaraan PON dan titik-titik yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Prasinta menuturkan, protokol kesehatan merupakan langkah penting mencegah lonjakan kasus Covid-19 selama penyelenggaan PON XX.

Adapun sebelum bertugas, para relawan mendapatkan dua pelatihan materi utama, yaitu protokol kesehatan dan pemanfaatan inaRISK.

Baca juga: Jadwal Pertandingan Baseball PON Papua Hari Ini: Ada Papua Vs Lampung

Prasinta menuturkan, sebanyak 123 relawan berasal dari berbagai organisasi.

Antara lain Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdatul Ulama, Muhammadiyah Disaster Management Center, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia, Radio Antar Penduduk Indonesia, Senkom, Badan Amil Zakat Nasional, Palang Merah Indonesia, relawan BPBD Kota Jayapura, Resimen Mahasiswa Universitas Cenderawasih, dan Squad PBI.

Baca juga: Jaga Tradisi Medali, Tim Tinju Sulut Siap Tarung di PON XX Papua

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved