Breaking News:

Sempat Diganggu KKB, Pembangunan Jalan Trans Papua Kini Capai 3.446 Kilometer

Perkembangan pembangunan Jalan Trans Papua saat ini telah mencapai 3.446 kilometer.

Editor: Claudia Noventa
(Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)
Jalan Trans Papua Barat 

TRIBUN-PAPUA.COM - Perkembangan pembangunan Jalan Trans Papua saat ini telah mencapai 3.446 kilometer.

Diketahui, secara total nantinya Jalan Trans Papua akan membentang sepanjang 3.462 kilometer dari kepala burung di Wilayah Adat Domberai, Sorong, Papua Barat, sampai dengan Bumi Anim Ha di Merauke, Papua.

Staf Khusus (Stafsus) Presiden Billy Mambrasar mengatakan, pembangunan infrastruktur ini termasuk ke dalam proyek strategis nasional (PSN) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

“Sampai saat ini, perkembangan Trans Papua sudah tembus sepanjang 3.446 kilometer. ujar Billy dilansir dari siaran pers di laman resmi Sekretariat Kabinet, Sabtu (25/9/2021).

Baca juga: Distrik Kiwirok Belum Sepenuhnya Aman meski KKB Mulai Bergeser, Polda Papua: Mereka Ganggu dari Jauh

Baca juga: Dukung Pengamanan PON XX Papua, Ratusan Personil Brimob Riau Tiba di Timika

Menurutnya, Presiden Joko Widodo sejak 2015 mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di tanah Papua.

Pembangunan Jalan Trans Papua ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua dengan meningkatkan akses serta konektivitas antarwilayah sehingga dapat membuka daerah yang terisolasi.

Pembangunan Jalan Trans Papua juga diharapkan dapat mengurangi indeks kemahalan, mengurangi angka kemiskinan, dan pemerataan pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia.

“Menghubungkan Provinsi Papua dan Papua Barat sekaligus menjadi konektivitas seluruh kota, distrik, dan kampung di seluruh Tanah Papua,” kata Billy.

"Kita semua berharap, Papua berkembang layaknya daerah maju lainnya. Ayo bersama-sama kita wujudkan itu semua!” tambah stafsus yang merupakan putra asli Papua ini.

Baca juga: Persipura Jayapura Raih 3 Poin Perdana, Jacksen F Tiago: Apresiasi Setinggi-tingginya pada Pemain

Diberitakan sebelumnya, pembangunan 14 paket fisik Jalan Trans Papua sempat terganggu karena situasi keamanan di provinsi paling timur Indonesia itu belum stabil sejak Agustus 2019.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved