Breaking News:

Literasi Digital

Kemenkominfo Tingkatkan Literasi Digital Bagi UMKM di Sorong Papua Barat

Kemenkominfo baru-baru ini meluncurkan program literasi digital untuk mempercepat transformasi digital dan teknologi

Editor: Musa Abubar
Istimewa
Kemenkominfo Tingkatkan Digitalisasi UMKM di Kawasan Indonesia Timur 

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) baru-baru ini meluncurkan program literasi digital untuk mempercepat transformasi digital dan teknologi di Sorong, Papua Barat.

Bekerjasama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GLND) Siberkreasi, program ini diselenggarakan untuk sektor usaha mikro dan kecil menengah (UMKM) di daerah tersebut.

Sorong yang terletak di Kawasan Timur Indonesia terkenal dengan berbagai kekayaan sumber daya alam, mulai dari sektor pertanian, perikanan, peternakan, kehutanan, pertambangan, hingga berbagai potensi pariwisata yang belum tergarap.

Baca juga: Virus Corona Jangkiti 42.418 Warga Papua hingga 27 September

Mayoritas UMKM di daerah tersebut berasal dari sektor ritel dan perdagangan, disusul dengan sektor makanan dan minuman. Sayangnya, literasi digital di wilayah tersebut masih relatif buruk, bahkan lebih dari 70 persen UMKM mengaku belum pernah memanfaatkan internet untuk menjalankan proses bisnisnya.

Untuk meningkatkan literasi digital di daerah tersebut, Pekan Literasi Digital dibuka dengan lokakarya dan pelatihan selama dua hari secara hybrid di Sorong, Papua Barat pada 23-24 September 2021.

Masyarakat lokal antuasiasme yang sangat tinggi untuk berpartisipasi, dengan lebih dari 600 peserta yang tergabung sepanjang sesi.

Baca juga: Info CPNS 2021: Syarat Peserta Lulus Tahap SKD, Perhatikan Nilai TKP, TIU dan TWK

Acara dimulai dengan dua sesi utama. Yang pertama ialah "Ngobrolin Literasi Digital" yang menghadirkan edukasi tentang literasi digital bagi UMKM, mulai dari mengoptimalkan teknologi digital, media sosial, hingga tips keamanan siber bagi UMKM.

Sesi pertama acara ini diisi oleh sederet pembicara, antara lain Donny B.U, staf ahli dari Kementerian Komunikasi dan Informatika; Teguh Hidayat Iskandar Alam, Ketua Lembaga Pengkajian Persaingan Usaha dan Kebijakan Usaha (LKPU) Sorong; dan Siti Ashter, perwakilan UMKM di Sorong.

Baca juga: PT Freeport Indonesia Bangun Sport Centre Mimika Berstandar Internasional

"Pada dasarnya, Sorong memiliki tingkat penetrasi internet yang tinggi, dimana 91 persen masyarakatnya merupakan pengguna internet aktif," kata Teguh Hidayat melalui rilis pers yang diterima Tribun-Papua.com, Rabu (29/9/2021).

"Sayangnya, kemampuan literasi digital UMKM di Indonesia Timur, termasuk Sorong, masih kurang,"ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved