Breaking News:

PON XX Papua

Pesan Panglima TNI pada Aparat Keamanan PON Papua: Saya Titipkan Tugas dan Kehormatan di Dada Kalian

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang digelar pada 2-15 Oktober 2021 dipastikan aman lantaran akan dijaga secara ketat oleh TNI dan Polri.

Editor: Claudia Noventa
Tribun-Papua.com/Istimewa
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin apel secara langsung kesiapan akhir pengamanan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua. (Istimewa) 

TRIBUN-PAPUA.COM - Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang digelar pada 2-15 Oktober 2021 dipastikan aman lantaran akan dijaga secara ketat oleh TNI dan Polri.

Hal tersebut diungkapkan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan PON XX Papua dihadapan 2.401 personel di Stadion Lukas Enembe Jayapura, Papua, Rabu (29/9/2021).

Hadi mengatakan, apel gelar pasukan tersebut menjadi bukti komitmen kesiapan dan kesungguhan jajaran TNI-Polri serta Pemerintah Daerah Papua untuk mensukseskan perhelatan PON XX Papua.

"TNI-Polri menjamin keamanan pelaksanaan PON XX Papua. Untuk itu diperlukan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi seluruh aparat keamanan, serta seluruh elemen masyarakat yang ada," ujar Hadi, dalam keterangan tertulis, Rabu.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan PON XX Papua dihadapan 2.401 personel di Stadion Lukas Enembe Jayapura, Papua, Rabu (29/9/2021).
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan PON XX Papua dihadapan 2.401 personel di Stadion Lukas Enembe Jayapura, Papua, Rabu (29/9/2021). (Puspen TNI)

Baca juga: Tanding di Nomor 200 Meter Putri Cabor Dayung, Stevani Ibo Minta Dukungan Warga Papua

Baca juga: Basmi KKB, Bupati Kabupaten Pegubin Minta Aparat Keamanan Ambil Tindakan Tegas

Selain itu, Hadi juga mengatakan bahwa pelaksanaan PON XX 2020 tidak berfokus pada pengamanan, melainkan juga soal antisipasi penyebaran Covid-19.

Untuk itu, Hadi memerintahkan jajarannya untuk memahami seluruh rencana pengamanan, baik terhadap venue, atlet, official, relawan, penonton, VVIP dan akomodasinya.

Ia meminta, semua unsur komandan harus meyakinkan prajuritnya memahami tugas dan tanggung jawabnya di sektor pengamanannya masing-masing.

"Yakinkan setiap personel menguasai siapa berbuat apa, dalam setiap situasi," kata Hadi.

Baca juga: Babak Penyisihan Voli Indoor PON Papua Mulai Dipertandingkan Hari Ini

Hadi juga menekankan, petugas untuk selalu menggunakan pendekatan kultural, serta pendekatan budaya dan kearifan lokal dalam melaksanakan tugas.

"Saya menaruh harapan yang sangat besar, saya titipkan tugas dan kehormatan di dada kalian, seluruh masyarakat menaruh harapan yang sangat besar," ujar dia.

"Bahwa seluruh personel yang bertugas akan melakukan yang terbaik sesuai bidang tugasnya masing-masing melalui pendekatan kultural," kata Panglima.(*)

 Berita terkait lainnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Panglima: TNI-Polri Jamin Keamanan PON XX Papua

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved