Breaking News:

Mensos Risma Gandeng Uncen

Mensos Gandeng Uncen dan ITS Produksi Kapal Transportasi di Wilayah Papua

Kemarin saya bertemu dengan beberapa warga dari beberapa daerah di Papua, ada Mamberamo, Yahukimo mereka meminta alat transportasi

Penulis: Nadila Larajina | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
BIKIN KAPAL - Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini atau yang akrab disapa Risma bersama Rektor Universitas Cenderawasih membahas pembuatan kapal untuk transportasi di wilayah Papua, Minggu (3/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Nadila Larajina

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, menggandeng Universitas Cenderawasih (Uncen) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) membuat kapal untuk memudahkan transportasi di wilayah Papua.

Baca juga: Viral Video Presiden Jokowi di Panggil Seorang Suster di Jayapura, Langsung Berhenti dan Menyapa

"Kemarin saya bertemu dengan beberapa warga dari beberapa daerah di Papua, ada Mamberamo, Yahukimo. Salah satunya mereka meminta alat transportasi," kata Tri Rismaharini, Minggu (3/10/2021).

Menteri yang akrab disapa Risma itu mengatakan, dari situ ia berpikir untuk bersinergi dengan perguruan tinggi.

"Nah, kemudian saya sampaikan ke Rektor Uncen dan dia siap dan kemudian ke ITS juga dan siap," jelasnya.

H+1 PON XX Papua, 19 Daerah di Provinsi Papua Nihil Covid-19, Termasuk Kota Jayapura

Lanjut Risma, kemudian mulai 17 Agustus 2021, pihaknya coba memberi tanda. "Kita coba titiki tanda, nanti kita akan membuat transportasi perahu yang akses sungai," ujarnya.

Selain akses sungai, tambah Risma, ada juga akses darat. "Nah, kemudian untuk yang akses darat karena bahan bakar sangat mahal terutama di pegunungan, maka kita akan menggunakan solar cell untuk energinya," tambahnya.

"ITS juga akan membantu untuk, bagaimana menggunakan solar sel untuk angkutan," lanjut Risma.

Risma menargetkan, 6 kapal harus selesai tahun ini. "Tapi ada perkembangan-perkembangan lain bukan hanya Mamberamo yang minta tapi kita juga akan selesaikan misalkan Yahukimo, ada Bintuni, Serui, Deiyai, Puncak Jaya," jelasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved