PT Freeport Indonesia Peduli

Mimika Sport Center yang Dibangun PT Freeport Indonesia Siap Diresmikan Menko Luhut B Panjaitan

Jangan selesai PON gedung ini mati. Maka dengan itu kami akan koordinasi dengan pemda untuk menggelar berbagai event olahraga

Penulis: Ri | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
MEGAH - Mimika Sport Center (MSC) yang menjadi venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua cabang olahraga Atletik dan Bola Basket terlihat megah. Gedung yang dibangun PT Freeport Indonesia ini akan diresmikan Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan. 

Laporan : Wartawan Tribun-Papua.com - Ridwan Abubakar

TRIBUN-PAPUA.COM, TIMIKA, - Mimika Sport Center (MSC) yang dijadikan sebagi areal venue PON XX Papua, cabang olahraga Atletik dan Bola Basket dijadwalkan akan diresmikan pada Selasa (5/10/2021).

Hak itu diungkapkan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Tony Wenas, Minggu (3/10/2021) sore. Menurutnya, MSC ini akan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Mimika untuk dikelola.

Pembukaan PON XX Papua, Presiden Jokowi: PON Adalah Panggung Persatuan

Bahkan dia berharap dengan pembangunan fasilitas olahraga tersebut dapat melahirkan atlet muda Papua yang berprestasi di dunia olahraga.

Dia juga berharap lokasi ini dapat meningkatkan pendapatan pemda sendiri. "Jangan selesai PON gedung ini mati. Maka dengan itu kami akan koordinasi dengan pemda untuk menggelar berbagai event olahraga," ucapnya.

Aksi Presiden Jokowi Main Bola Pukau Penonton Pembukaan PON XX Papua

Masih menurut Tony, MSC ini akan diresmikan Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan dan dilanjutkan dengan pembukaan pertandingan Cabang Olahraga (Cabor) Atletik PON XX Papua, yang dimulai 5 Oktober 2021. 

Selain itu, Gubernur Papua Lukas Enembe dan Bupati Mimika Eltinus Omaleng pun akan hadir dalam acara yang sangat bersejarah itu.

Tony menambah pembangunan MSC ini merupakan dukungan serius PT Freeport untuk Papua sebagai bentuk dan upaya untuk menyukseskan PON XX di Papua. "Dalam pelaksanaan PON XX Papua ini kami PT FI masuk dalam sponsorship," jelasnya.

Baca juga: Daftar 7 Venue PON Papua akan Diresmikan Presiden Jokowi, Semua Berstandar Internasional

Terkait dengan prestasi peraihan medali, PTFI, kata Tony akan ada bonus sebagai bentuk apresiasi bagi para atlet yang telah berjuang dan bekerja keras untuk membanggakan dan mengharumkan Bumi Cenderawasi.

"Ini luar biasa, Papua menduduki peringkat ke dua perolehan medali menyusul DKI, dan ini saya rasa luar biasa dan harus diapresiasi," bebernya.

Diketahui Mimika Sport Center dibangun sejak 2013 dan rampung pada 2016 silam. MSC berstandar internasional dibangun PT Freeport Indonesia dengan menghabiskan biaya sekitar 33 juta dolar AS atau sekitar Rp 468 miliar di atas lahan seluas 12,5 hektare milik Pemkab Mimika. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved