Breaking News:

Virus Corona di Papua

Menkes Sebut Ada 83 Kasus Terkonfirmasi Covid-19 dari PON Papua hingga Senin, 11 Oktober 2021

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengunkapkan, per siang hari ini ada 83 orang terpapar Covid-19 dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 

Editor: Claudia Noventa
TribunVideo/Radifan Setiawan
ILUSTRASI Virus Corona/Covid-19 - Kasus Covid-19 dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua terus meningkat hingga dikonfirmasi sebanyak 83 orang yang telah terpapar hingga Senin (11/10/2021). 

TRIBUN-PAPUA.COM – Kasus Covid-19 dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua terus meningkat hingga dikonfirmasi sebanyak 83 orang yang telah terpapar hingga Senin (11/10/2021).

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, yang mengatakan bahwa kasus bertambah bila dibandingkan data 10 Oktober kemarin yang mencapai 65 orang.

“Jadi memang per kemarin sudah diindentifikasi 65 kasus konfirmasi, sampai tadi siang itu menjadi 83 kasus konfirmasi,” kata Budi dalam konferensi pers, Senin (11/10/2021).

Baca juga: PON XX Papua, Jadi Laga Terakhir Atlet Aeromodelling Nanik Novianti: Saya Ingin Jadi ASN

Baca juga: 1 Permintaan Menpora Zainudin Amali setelah Kunjungi Arena Akuatik PON XX Papua 2021

Menurut Budi, penularan kasus Covid-19 terkonsenterasi di beberapa cabang olahraga (cabor), yakni cabor Judo, Sepatu Roda, Motorcross, Panahan dan Kriket.

Selanjutnya, ia menambahkan, ada penularan juga terkonsenterasi berdasarkan provinsi asal para atlet, yakni DKI Jakarta, Jawa Timur (Jatim), Jawa Tengah (Jateng), dan Bali.

“Konsenterasi terjadi beberapa provinsi asal, terutama DKI, Jatim, Jateng, dan Bali,” ucap dia.

Lebih lanjut, ia menduga penularan tersebut berasal dari tempat penginapan. Sebab, dalam satu kamar penginapan bisa ditempati oleh 4 orang.

“Karena memang kamar yang ditempati para atlet itu satu kamar ditempati sekitar 4 orang atlet, dan saat makan dilakukan makan bersama,” ucap dia.

Baca juga: Ringkasan Kisah Rekayasa Ibu Muda di Bali, Ngaku Disekap Rampok di Rumah hingga Reaksi Mertua

Di kesempatan yang sama, Koordinator PPKM Luar Jawa dan Bali Airlangga Hartarto menyampaikan mayoritas yang terpapar Covid-19 di PON Papua adalah atlet.

Kemudian, ada juga tim ofisial, pelatih, wasit, hingga wartawan yang terpapar.

“Atletnya 72 persen. Officialnya 23 persen, coach 1,5 persen, wasit 1,5 persen, dan di situ masuk wartawan di situ masuk yang meliput,” ujar Airlangga.(*)

Berita terkait lainnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Menkes: Ada 83 Kasus Konfirmasi Covid-19 dari PON Papua

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved