Breaking News:

Virus Corona di Papua

7 Atlet di PON Papua Keluar dari Tempat Isolasi sebelum Selesai, Jokowi Minta Kembali Dikarantina

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, sebanyak tujuh atlet di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua positif Covid-19.

Editor: Claudia Noventa
news.pindula.co.zw
Ilustrasi - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, sebanyak tujuh atlet di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua positif Covid-19. 

TRIBUN-PAPUA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengarahkan agar tujuh atlet yang terpapar Covid-19 di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 bisa kembali diisolasi di tempat asalnya masing-masing.

Diketahui, sebanyak tujuh atlet PON XX di Papua positif Covid-19 dan keluar dari tempat isolasi sebelum masa isolasinya selesai.

Arahan itu disampaikan Presiden Jokowi melalui Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin.

“Atas arahan Presiden agar tujuh atlet yang keburu kembali ke kota asalnya sebelum selesai masa isolasinya ini bisa dikarantina atau diisolasi ke tempat kedatangan,” kata Budi dalam keterangan persnya, Senin (11/10/2021).

Baca juga: Klasemen Sementara Medali PON XX Papua Hari Ini: Jabar Nyaris Cetak 100 Emas, Ini Posisi Tuan Rumah

Baca juga: Ajak Kekasih Kubur Jasad Bayi yang Baru Dilahirkannya, Wanita Ini Berujung Dipenjara

Budi mengatakan, tujuh atlet itu sudah berhasil pulang ke tempat asalnya masing-masing.

Rinciannya, satu orang pulang ke Tarakan, dua orang ke Jambi, tiga orang ke Sidoarjo, dan satu orang ke Yogyakarta.

Adapun pemerintah mengumumkan sekitar 83 orang terpapar Covid-19 dalam pelaksanaan PON XX Papua hingga Senin (11/10/2021).

Budi pun menduga penularan terjadi di tempat penginapan. Sebab, ia menambahkan, dalam satu kamar tempat penginapan bisa diisi oleh empat orang.

“Karena memang kamar yang ditempati para atlet itu satu kamar ditempati sekitar empat orang atlet, dan saat makan dilakukan makan bersama,” ucap Budi.

Baca juga: Babak Pertama, Gol Bunuh Diri Warnai Kedudukan Sementara Papua 1-1 Kalimantan Timur

Menurut Budi, penularan kasus Covid-19 terkonsentrasi di beberapa cabang olahraga (cabor), yakni cabor judo, sepatu roda, motorcross, panahan, dan kriket.

Selanjutnya, ia menambahkan, ada juga konsentrasi penularan berdasarkan provinsi asal para atlet, yakni DKI Jakarta, Jawa Timur (Jatim), Jawa Tengah (Jateng), Jambi, dan Bali.(*)

Berita terkait lainnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Jokowi Perintahkan 7 Atlet PON XX Papua yang Positif Covid-19 Kembali Dikarantina

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved