Breaking News:

Virus Corona di Papua

Singgung Olimpiade Tokyo saat Bahas Kasus Covid-19 di PON Papua, Epidemiologi: Bisa Jadi Contoh

Pemerintah Indonesia diminta untuk mencontoh upaya Pemerintah Jepang yang juga sempat merasakan lonjakan Covid-19 setelah menggelar event olahraga.

Editor: Claudia Noventa
TribunVideo/Radifan Setiawan
ILUSTRASI Virus Corona/Covid-19 - Pemerintah Indonesia diminta untuk mencontoh upaya Pemerintah Jepang yang juga sempat merasakan lonjakan Covid-19 setelah menggelar event olahraga. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Pemerintah Indonesia diminta untuk mencontoh upaya Pemerintah Jepang yang juga sempat merasakan lonjakan Covid-19 setelah menggelar event olahraga.

Diketahui, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua saat ini dilanda kasus Covid-19 yang terus meningkat.

Sementara itu, Pemerintah Jepang juga sempat merasakannya pasca-menggelar event Olimpiade Tokyo 2020.

Pakar epidemiologi dari Griffith University, Dicky Budiman mengatakan, bahwa apa yang dialami Pemerintah Jepang seharusnya dapat menjadi pelajaran.

"Iya (Olimpiade Tokyo 2020) sangat bisa jadi contoh. Contoh baik dan buruknya," kata Dicky kepada Kompas.com, Selasa (12/10/2021).

Baca juga: Atletnya Disebut Kabur dari Tempat Isolasi Covid-19, KONI DIY Klarifikasi: Pelatih Tak Paham Prokes

Baca juga: Pesta Gol 5-1 Papua Tundukkan Kalimantan Timur, Siap Hadapi Partai Final

Dicky menguturkan, kenaikan kasus Covid-19 di Jepang mulai terjadi pada Juli dan memuncak pada pertengahan Agustus setelah Olimpiade Tokyo.

Menurut dia, meskipun panitia Olimpiade dan pejabat pemerintah menyangkal bahwa olimpiade secara langsung menyebabkan peningkatan, tetapi indikasinya cukup jelas.

Sebab, Olimpiade membuat orang lebih aktif secara sosial dan cenderung mengabaikan protokol kesehatan.

Hal ini pula, yang menyebabkan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mundur dari jabatannya setelah menghadapi kritik atas penanganan pandemi Covid-19.

Dicky mengatakan, saat ini kasus Covid-19 di Jepang dilaporkan setiap hari menurun menjadi sekitar 2.000 secara nasional.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved