Kebakaran di Abepura

Kebakaran Ruko 3 Lantai di Abepura Diduga Dipicu Korsleting Listrik 

Titik atau sumber api awalnya berada di lantai 2 ruko tersebut, lalu kemudian merembes ke lantai 1 dan 3 hingga menghanguskan seluruh bangunan. 

Tribun-Papua.com/Hendrik Rewapatara
Suasana Ruko yang terbakar, di jalan Baru Pasar Youtefa Distrik Abepura. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Kebakaran ruko 3 lantai di kawasan Jalan Baru Youtefa, Distrik Abepura diduga diakibatkan korsleting listrik. 

Hal itu diungkapkan Kabid Damkar Kota Jayapura, Margaretha Veronika Kirana saat ditemui Tribun-Papua.com di lokasi kejadian, Rabu (13/10/2021). 

"Kemungkinan korsleting listrik, namun kita perlu penyelidikan lebih lanjut," ujarnya. 

Margaretha menceritakan kronologis kejadian peristiwa naas tersebut.

Ihwal kebakaran terjadi sekira pukul 02.30 dini hari WIT. 

Baca juga: Kebakaran Ruko di Abepura Dipadamkan Total Damkar, Margaretha: Api Sempat Berkobar

Titik atau sumber api awalnya berada di lantai 2 ruko tersebut, lalu kemudian merembes ke lantai 1 dan 3 hingga menghanguskan seluruh bangunan. 

Margaretha menyebutkan api sempat berhasil dijinakkan pemadam kebakaran sekira pukul 07.30 WIT, namun beberapa saat kemudian si jago merah kembali berkobar lantaran ditutupnya pintu, setelah diberikan police line oleh petugas berwajib.

"Sempat terjadi kebakaran kembali, karena setelah pemasangan police line, pintu ruko sementara ditutup dengan rapat, sehingga kedap udara, dan memantik sumber api kembali berkobar," jelasnya. 

Pihaknya juga menyayangkan kondisi gedung ruko yang tidak memiliki sarana proteksi kebakaran, dan juga sistem alarm peringatan. 

Baca juga: Kebakaran Satu Unit Ruko di Jalan Baru Pasar Youtefa, 3 Orang Meninggal Dunia

"Seharusnya toko yang seperti ruko begini sudah harus dilengkapi dengan sistem proteksi, ini tangga darurat pun tidak ada," sesalnya. 

Sebelumnya diketahui, kebakaran yang melanda ruko naas tersebut, terjadi sekira pukul 02.51 WIT dini hari pada Rabu (11/10/2021). 

Diketahui sumber api berasal dari lantai dua dan merembes ke lantai tiga ruko.

Sebanyak lima unit Mobil dari Satuan Pemadam Kebakaran Kota Jayapura dikerahkan ke lokasi kejadian, untuk memadamkan kobaran api. 

Proses pembasahan total yang dilakukan pemadam kebakaran di seluruh ruangan ruko, baru usai pada pukul 12.00 WIT.

Berdasarkan pantauan Tribun-Papua.com di lokasi kejadian, pemadam kebakaran baru meninggalkan lokasi pukul 12.11 WIT. (*) 

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved