Breaking News:

PON XX Papua

Penonton Final Sepak Bola PON Membludak, Ini Respons Cepat Petugas Keamanan untuk Redam Situasi

Masyarakat Papua begitu antusias untuk menyaksikan laga final sepak bola PON XX Papua yang mempertemukan tuan rumah yakni tim Papua melawan Aceh.

Editor: Claudia Noventa
PON XX PAPUA/JERRY ARVINO
Petugas keamanan mengatur warga yang sempat tertahan di gerbang Stadion Mandala Jayapura untuk menempati tempat duduk di tribune penonton pada laga final Papua vs Aceh, Kamis (14/10/2021). 

Sebelum hari laga, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman mengatakan laga final PON tersebut mengatakan pihak panitia hanya akan membuka maksimum 50 persen kapastias stadion untuk penonton.

Namun, ia juga mengatakan bahwa situasi adalah cair tergantung kondisi dan situasi di lapangan mengingat animo tinggi masyarakat Papua.

Benar saja, laporan pandangan mata dari lokasi menunjukkan para penonton masih memaksa masuk gerbang sesaat sebelum kickoff.

Di tengah teriknya Kota Jayapura, venue laga Stadion Mandala Kota Jayapura terpantau dipadati gelombang suporter sejak pukul 12.00 WIT.

Padahal, kickoff final baru dimulai pada pukul 16.30 WIT.

Para penonton yang belum juga bisa masuk hingga sebelum kickoff terus memaksa pihak panitia dan keamanan untuk membuka pintu.

Akhirnya, pihak keamanan berdasarkan instruksi Kapolda Irjen Pol Mathius D. Fakhir langsung di lokasi mengizinkan para penonton masuk dengan pihak keamanan dan panitia mengatur tempat duduk.

Mereka sendiri tidak mengeluarkan biaya untuk menonton laga ini asalkan sudah bisa memberi bukti telah divaksin dua kali.

"Pihak keamanan cepat tanggap melihat penumpukan penonton di gerbang," tutur Jerry Arvino, Match Commentator PON XX Papua 2021 yang hadir di laga tersebut kepada Kompas.com.

"Mereka responsif dalam mencairkan suasana. Walaupun banyak orang di dalam stadion, protokol tetap dijaga dan selalu ada space bangku kosong di antara penonton."

Baca juga: Klasemen Sementara Medali PON XX Papua 14/10 Jam 15:15 WIB, Jawa Barat Juara Umum PON Papua

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved