PON XX Papua

Jawa Barat Pertahankan Juara Umum di PON Papua, Ridwan Kamil: Hasil Keringat, Tangis dan Darah

Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil PON tak hanya soal kompetisi antaratlet, namun menjadi ruang persaudaraan dan persatuan.

Editor: Claudia Noventa
Humas Pemprov Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas Kontingen PON Jabar untuk PON Papua XX/2021 di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (9/9/2021). 

TRIBUN-PAPUA.COM - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengungkapkan rasa syukur atas prestasi yang diraih para atletnya di  Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Diketahui, Jawa Barat telah mengamankan status juara umum pada perhelatan PON XX Papua 2021.

Meski begitu, menurut Ridwan Kamil, kemenangan di PON tak hanya soal kompetisi antar atlet, namun menjadi ruang persaudaraan dan persatuan.

"Jika motto olimpiade itu adalah tercepat, tertinggi dan terkuat. Bagi saya PON lebih dari itu, PON tentang ruang persaudaraan dan persatuan," ujar Emil, sapaan akrabnya, di Bandung, Kamis (14/10/2021) malam.

Baca juga: Link Live Streaming Penutupan PON XX Papua: Hari Ini, Jumat 15 Oktober 2021 Pukul 17.00 WIB

Baca juga: FOTO Sekjen KONI Berkunjung Ke Kantor Tribun-Papua.com

Ia mengatakan, capaian ini merupakan bentuk totalitas dan rasa cinta para atlet kepada tanah Jawa Barat.

"Ini hasil dari keringat, tangis dan darah, buah dari kerja keras, ketekunan dan kedisplinan serta kerja sama seluruh stakeholder olahraga di Jawa Barat. Ini bukan sekedar prestasi medali, namun bukti cinta para atlet kepada Jawa Barat," paparnya.

Keberhasilan Jabar menyabet juara umum sekaligus menghentikan penantian 70 tahun juara berturut-turut. Terakhir kali Jabar mengawinkan gelar juara terjadi pada PON 1951-1953.

"Hasil ini merupakan perjuangan dan kerja keras yang luar biasa dari atlet, pelatih, tim dan keluarga," jelasnya.

Seperti diberitakan, Provinsi Jawa Barat berhasil menyabet juara umum pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Capaian tersebut sekaligus mempertahankan status juara umum sebelumnya yang diraih pada PON XIX 2016.

Predikat juara dikunci setelah Jabar unggul dalam perolehan medali meski masih ada perebutan medali di beberapa cabang olahraga (cabor).

Berdasarkan situs resmi KONI Jabar pada Kamis (14/10/2021) pukul 15:30 WIB, Jabar memuncaki klasemen perolehan medali dengan mengemas 132 emas, 97 perak, 114 perunggu.

Perolehan itu sudah tidak dapat dikejar oleh Jawa Timur yang berada di posisi kedua dengan rangkuman 108 emas, 87 perak, dan 81 perunggu.

Baca juga: Jawa Barat Pertahankan Juara Umum, Kokoh di Puncak Klasemen hingga Hari Terakhir PON XX Papua

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang juga Chief de Mission Kontingen PON Jabar, Setiawan Wangsaatmaja, mengapreasi perjuangan para atlet untuk tampil maksimal dan mengharumkan nama Jabar.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved