Breaking News:

PON XX Papua

Penonton Gebyar PON XX Mimika Wajib Swab Antigen dan Ditempel Stiker Hijau

Penonton acara penutupan PON XX atau Gebyar PON yang digelar pada Jumat (15/10/2021) di Lapangan Timika Indah, Kabupaten Mimika

Tribun-Papua.com/Ridwan Abubakar
Suasana salah satu penonton saat menjalani tes Antigen 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com,Ridwan Abubakar

TRIBUN-PAPUA.COM, TIMIKA - Penonton acara penutupan PON XX atau Gebyar PON yang digelar pada Jumat (15/10/2021) di Lapangan Timika Indah, Kabupaten Mimika, Papua diwajibkan melakukan swab antigen untuk masuk lapangan.

Ketua Protokol Kesehatan kegiatan Gebyar PON XX Linus Dumatubun mengatakan, setiap penonton yang akan masuk ke dalam venue, wajib menunjukan sertifikat vaksinasi, untuk kemudian dilakukan tes usap antigen.

Baca juga: Dinilai Curang, Pengprov Pertina Papua Ajukan Gugatan ke BAORI

"Kita periksa suhu sama sertifikat vaksin, kalau memang dua itu lolos (punya sertifikat vaksin dan cek suhu) maka dia datang untuk antigen," kata Linus kepada Tribun-Papua.com di Timika, Jumat (15/10/2021).

Lanjut dia, setelah antigen dan hasilnya dinyatakan negatif, maka penonton akan diberikan tanda stiker berwarna hijau di bajunya.

Baca juga: Tingkatkan SDM Tenaga Kerja Papua Barat, Menker Ida Fauziyah Dukung Pembangunan BLK Mansel

"Diberi tanda hijau di bajunya itu menyatakan bahwa dia boleh masuk ke dalam, semua penonton wajib antigen begitu juga panitia di dalam,"ujarnya.

Sejauh ini, kata Linus, tim swab antigen telah melayani sekitar 80 penonton, dengan total jumlah antigen yang disiapkan sebanyak 200.

"Kapasitas antigen sementara kita siapkan 200 penonton saja tidak menutup kemungkinan (bertambah) nanti di dalam seperti apa, kita sesuaikan lagi dengan panitia pelaksana,"katanya.

Baca juga: Pria yang Tewas Terikat Tambang Sempat Diajak Pesta Sabu, Pelaku Dendam Anaknya Dihamili Korban

Menurut Linus, protokol kesehatan ketat memang dilaksanakan agar tidak terjadi klaster baru.

"Yang masuk benar benar ketat tidak sembarang orang, jadi kalau mau nonton ini harus ikuti prosedur, soal stiker hijau itu nanti dalam dicek lagi, termasuk sertifikat vaksin, sehingga tidak semua yang masuk itu bebas bebas saja kedalam,"tambah dia.(*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved