Kata Kemenkes soal Potensi Gelombang Ketiga Covid-19, Ini Waktu yang Diwaspadai

Kementerian Kesehatan mengungkapkan potensi adanya gelombang ketiga kasus Covid-19 di Indonesia yang diprediksi terjadi pada Desember 2021.

(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Petugas pemakaman membawa peti jenazah pasien suspect virus corona atau Covid-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat, Selasa (31/3/2020). 

TRIBUN-PAPUA.COM - Kementerian Kesehatan mengungkapkan potensi adanya gelombang ketiga kasus Covid-19 di Indonesia yang diprediksi terjadi pada Desember 2021.

Meski kini kasus Covid-19 tengah menurun, tidak menutup kemungkinan Indonesia mengalami lonjakan kasus. 

Disebutkannya, Covid-19 sifatnya akan menimbulkan gelombang-gelombang epidemiologi berkali-kali.

Hal ini disampaikan oleh Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi.

Baca juga: PON XX Papua Bersih dari Gangguan KKB, Kapolri Beri Apresiasi: Hasil Kerja Keras TNI-Polri

Baca juga: Mahfud MD Ajak Warga Tak Bayar Pinjol Ilegal, Pakar Kritik: Seolah Beri Legalitas Tak Bayar Utang

"Dari h1 jurnal ilmiah itu sudah menyatakan bahwa Covid-19 ini sifatnya akan menimbulkan gelombang-gelombang epidemiologi berkali-kali."

"Jadi, dia tidak cukup dengan satu gelombang dan sudah mencapai puncaknya kemudian turun seperti yang saat ini kita alami."

"Artinya serangan ataupun pandemi tadi dari Covid-19 selesai, itu tidak terjadi pada pola penyakit virus Covid-19, dia akan menimbulkan serangan-serangan beberapa kali," katanya, dikutip Tribunnews.com dari Kompas TV, Jumat (23/10/2021).

Lebih lanjut, ia menambahkan, adanya vaksinasi dapat mencegah penurunan kasus Covid-19 atau potensi lonjakan kasus Corona.

"Baru kemudian, mungkin nanti adanya vaksinasi yang lebih luas kepada seluruh masyarakat bukan hanya Indonesia tapi juga masyarakat global maka kemungkinan akan terjadi penurunan kasus," imbuh Siti Nadia Tarmizi.

Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi.
Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi. Dalam artikel mengulas tentang potensi adanya gelombang ketiga kasus Covid-19 di Indonesia. (Tangkap layar kanal YouTube KompasTV)

Sebelumnya, Ketua Satgas Penanganan Covid-19/Kepala BNPB, Letjen TNI Ganip Warsito, mengatakan, prediksi gelombang ketiga Covid-19 pada akhir tahun 2021.

Hal tersebut berkaca dari tahun sebelumnya.

Baca juga: Posisi Persipura Jayapura di Liga 1 2021: Masuk Zona Merah, Jacksen F Tiago Kebingungan

Di mana pada waktu itu, terjadi peningkatan mobilitas yang tinggi saat perayaan hari besar keagamaan.

 “Ancaman gelombang ketiga yang diprediksi oleh para ahli akan terjadi Desember karena disitulah Nataru (Natal dan Tahun Baru), di situlah pergantian cuaca."

"Ini yang menjadi ancaman peningkatan Covid-19,” kata Ganip Warsito, dikutip Tribunnews.com dari situs resmi Covid19.go.id.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved