Breaking News:

Papua Terkini

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Kabupaten Keerom Papua 

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault).

Penulis: Musa Abubar | Editor: Paul Manahara Tambunan
Tribun-Papua.com/Istimewa
Gempa berkekuatan 5,3 SR Guncang Kabupaten Keerom, Papua (Foto ; Humas BBMKG Wilayah V Jayapura) 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Musa Abubar

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA- Gempa tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Keerom, Papua, Selasa (26/10/2021), sekira pukul 05.05. WIT.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,3 skala richter. 

Lanjut dia, episenter gempabumi terletak pada koordinat 3,2° Lintang Selatan,141,05° Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 44 km arah Tenggara Kota Waris, Kabupaten Keerom, Papua pada kedalaman 10 km. 

Baca juga: Cakrabirawa Berkhianat Demi G30S PKI, Dapat Misi dari Soeharto

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. 

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault).

"Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Keerom III MMI getaran dirasakan nyata dalam rumah, seakan truk berlalu," kata Bambang dalam rilis yang diterima Tribun-Papua.com.

Baca juga: Legiun Anyar Persipura Tiba di Indonesia, Hedipo Gustavo: Masih Karantina Mandiri

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.Hingga Selasa, 26 Oktober 2021 pukul 05.55 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). 

"Kepada masyarakat di imbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,"ujarnya.

Dia mengatakan, agar menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah. 

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG).

Selanjutnya, website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Hidayatulah, warga Merauke yang datang ke Jayapura mengaku kaget akibat getaran yang dirasakan sejak pagi sekira pukul 07.00 WIT.

"Saya kaget loh macam gempa ya, getarannya kerasa skali," katanya via telepon kepada Tribun.(*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved