Breaking News:

Rektorat UNS Solo Putuskan Menwa Dibekukan Sementara: Jadi Sudah Ditutup Semua Kantor

Pihak rektorat Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, membentuk tim evaluasi setelah seorang mahasiswa meninggal saat Diklatsar Pra Gladi Patria Menwa.

Editor: Claudia Noventa
KOMPAS.COM/JAWAHIR GUSTAV RIZAL
Foto Gilang Endi, mahasiswa yang meninggal saat mengikuti Diklatsar Menwa UNS, dipajang di Boulevard UNS, saat doa bersama 100 Lilin untuk GE, Selasa (26/10/2021) malam. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Pihak rektorat Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, membentuk tim evaluasi setelah seorang mahasiswa meninggal saat Diklatsar Pra Gladi Patria XXXVI Menwa.

Diketahui, mahasiswa bernama Gilang Endi (21) dari D4 Program Studi Kesehatan dan Keselamatan Kerja Sekolah Vokasi itu, meninggal dunia saat mengikuti Diklatsar Menwa, pada Minggu (24/10/2021) malam.

Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan UNS Solo Sutanto mengatakan, tim evaluasi terdiri dari unsur kedokteran, hukum, administrasi, dan pembina organisasi kemahasiswaan (ormawa).

Tim ini bekerja untuk mengumpulkan data-data dan kronologi terkait Diklatsar Resimen Mahasiswa (Menwa) UNS.

Foto Gilang Endi, mahasiswa yang meninggal saat mengikuti Diklatsar Menwa UNS, dipajang di Boulevard UNS, saat doa bersama 100 Lilin untuk GE, Selasa (26/10/2021) malam.
Foto Gilang Endi, mahasiswa yang meninggal saat mengikuti Diklatsar Menwa UNS, dipajang di Boulevard UNS, saat doa bersama 100 Lilin untuk GE, Selasa (26/10/2021) malam. (KOMPAS.COM/JAWAHIR GUSTAV RIZAL)

Baca juga: Polisi Ungkap Ada Dugaan Kekerasan dalam Diklat Menwa UNS, Kampus Bekukan Kegiatan Menwa

Baca juga: Mahasiswa UNS Peserta Diklat Menwa Tewas karena Dapat Pukulan di Kepala, Ini Kata Polda Jateng

Sutanto menerangkan, tim evaluasi bakal berkoordinasi dengan pimpinan universitas untuk selalu mendapatkan data informasi, baik dari pelatih maupun peserta Diklatsar Menwa.

"Kami merespons itu semua dengan membentuk tim evaluasi sesuai peraturan di tempat kami. Tim evaluasi sudah mulai bekerja. Paling tidak kegiatan di Menwa sudah dibekukan sementara," ujarnya, Rabu (27/10/2021).

Menwa UNS Dibekukan Sementara

Mengenai pembekuan sementara Menwa, Sutanto menyampaikan bahwa itu merupakan keputusan Rektorat UNS Solo.

Pembekuan sementara Menwa ini adalah respons atas banyaknya tuntutan masyarakat maupun kampus terkait kematian mahasiswa UNS, Gilang Endi, saat Diklatsar Menwa.

Menurut Sutanto, pembekuan sementara Menwa UNS ini juga untuk mendukung proses penyelidikan kepolisian.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved