Breaking News:

Vaksin Imunisasi Langkah

Kemenkes Tak Kirim Logistik, Stok Vaksin Imunisasi BOPV Berbulan-bulan Kosong di Papua Barat

Capaian vaksin imunisasi dasar lengkap (IDL) bagi bayi di seluruh Kabupaten dan Kota di Provinsi Papua Barat, pada 2021 ini masih jauh dibawah standar

SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Ilustrasi vaksin 

Laporan Wartawan TribunPapuaBarat.com, Safwan Ashari Raharusun

TRIBUNPAPUA.COM, MANOKWARI - Capaian vaksin imunisasi dasar lengkap (IDL) bagi bayi di seluruh Kabupaten dan Kota di Provinsi Papua Barat, pada 2021 ini masih jauh dibawah standar atau rendah.

Hal itu disebabkan lantaran terjadi putus stok imunisasi atau vaksin sejak Februari hingga Oktober 2021, yang harusnya dikirim oleh Kementerian Kesehatan untuk Papua Barat.

Kondisi tersebut terungkap ketika Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, yang disponsori oleh Unicef melalui Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Papua Barat, untuk membahas hasil pantauan microplanning.

Ketua HAKLI Papua Barat Edi Sunandar mengatakan, kondisi itu terungkap pertemuan microplanning, yang menghadirkan para kepala puskesmas dan pengelola program vaksin di masing-masing kabupaten kota.

Baca juga: Hari Ini Pembunuh Juragan Emas Dilimpahkan ke Jaksa 

Pertemuan tersebut bertujuan untuk mendengarkan capaian dan kendala di lapangan dalam mengejar target IDL dan Covid-19 di Papua Barat.

"Ternyata salah satu penyebab tidak tercapainya IDL di Papua Barat, karena terjadi putus stok vaksin," ungkap Sunandar, kepada TribunPapuaBarat.com, Jumat (29/10/2021).

Lanjutnya, keluhan tersebut pertama kali terungkap saat Kepala Dinas Kesehatan Kota Sorong, memaparkan sejumlah kendalanya di lapangan.

"Mereka sampaikan, vaksin yang terjadi putus stok seperti Bivalent Oral Polio Vaccine (BOPV) di instalasi farmasi dan puskesmas," ucapnya.

Baca juga: Ketua KPA Papua terancam Belasan Tahun Penjara, Usai Korupsi Dana Hibah Untuk Penanganan AIDS

Kekosongan stok imunisasi BOPV di instalasi farmasi dan puskesmas sudah sejak Februari hingga Oktober 2021.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved