Breaking News:

Ekonomi

Menilik Noken Mama-mama Papua di Trotoar Jalan Abepura, Variatif dan Inovatif

Tas tradisional Noken sebagai penunjang masyarakat Papua dalam kehidupan sehari-hari, marak dijual trotoar jalan di Abepura

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Musa Abubar
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
NOKEN PAPUA - Berbagai jenis motif Tas Noken khas Papua yang dijajakan di sepanjang Jalan Raya Abepura Sentani, tepatnya di depan Saga Mall Abepura, Minggu (31/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Tas tradisional Noken sebagai penunjang masyarakat Papua dalam kehidupan sehari-hari, marak dijual trotoar jalan di Abepura dengan beragam motif variatif dan inovatif.

Pantauan Tribun-Papua.com, Minggu (31/10/2021), di sepanjang Jalan Raya Abepura-Sentani, tepatnya di depan Saga Department Store, tampak berbagai varian model Noken.

Secara umum, jenis Noken yang dijajakan di trotoar jalan di Abepura didominasi dari daerah pegunungan dan pesisir di Papua.

Untuk Noken dari daerah pegunungan, yakni Noken serat kulit kayu dengan harga rata-rata Rp500 ribu dan juga Noken benang woll yang dijual kisaran Rp50 ribu-Rp300 ribu tergantung ukurannya.

Baca juga: Ketagihan Bikin Gol, Wander Luiz Bawa Persib Unggul Sementara Atas Persipura

Ada juga Noken dari daerah pesisir, yakni Noken khas Asei Sentani, Noken Anggrek Papua, Noken dari serat daun Pohon Kelapa, hingga Noken benang woll biasa.

Harga untuk masing-masing Noken tersebut bervariasi, biasanya berkisar antara Rp50 ribu hingga Rp300 ribu, disesuaikan dengan motif dan ukurannya.

Aneka Tas Noken di Jalanan Abepura ini dijual oleh Mama-mama Papua, dan keberadaan mereka tentu memberikan nuansa Bumi Cenderawasih lebih kental.

Gambar ataupun model yang terdapat di Tas Noken ini juga bervariasi, ada corak gambar peta Papua, Burung Cenderawasih, graffiti I Love Papua, Noken kombinasi warna biru dan merah, serta model rumbai-rumbai khas Papua.

Baca juga: Hal Menarik di Babak Pertama Persib vs Persipura

Sepanjan trotar jalan Abepura, selain Tas Noken dengan berbagai motif, uniknya pengunjung dapat menyaksikan mama-mama Papua memintal noken berbahan benang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved