Papua Terkini

250 Pengusaha Muda Papua Ikuti Pelatihan dan Pemodalan oleh Kementerian Investasi

Sebanyak 250 Pengusaha Muda Papua dalam berbagai sektor, dipilih untuk mengikuti serangkaian pelatihan, hingga permodalan usaha.

Penulis: Musa Abubar | Editor: Roy Ratumakin
Istimewa
Sebanyak 250 Pengusaha Muda Papua dalam berbagai sektor, dipilih untuk mengikuti serangkaian pelatihan, hingga permodalan usaha yang didukung penuh oleh Kementerian Investasi/ BKPM Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com,Musa Abubar

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Sebanyak 250 Pengusaha Muda Papua dalam berbagai sektor, dipilih untuk mengikuti serangkaian pelatihan, hingga permodalan usaha yang didukung penuh oleh Kementerian Investasi/ BKPM Indonesia.

Rangkaian acara tersebut akan dimulai pada 2 November 2021, dilakukan secara daring dan luring.

Para pengusaha muda ini, selain akan memperoleh pelatihan hingga permodalan, akan juga dihubungkan dengan pelaku-pelaku usaha, baik Industri besar, menengah, hingga kecil yang beroperasi di Papua, agar dapat melibatkan mereka dalam rantai pasok kegiatan industri mereka, paska pelatihan, dengan difasilitasi oleh Kementerian Investasi, serta Kementerian dan Lembaga yang terkait.

Baca juga: Teriakan Bocah yang Dilecehkan Tetangganya Sempat Terdengar Warga, Keesokan Harinya Ditemukan Tewas

Acara bertajuk “Link and Match” ini akan dibuka secara Perdana oleh Menteri Investasi Republik Indonesia: Bahlil Lahadalia, dan didukung oleh Staf Khusus Presiden RI asal Papua Billy Mambrasar, yang juga menjadi kordinator utama giat Papua Muda Inspiratif (PMI), yang menjadi ekosistem penciptaan kewirausahaan muda di Papua selama ini.

Pelatihan akan diberikan secara berjenjang mengacu kepada praktik nyata bisnis dari berbagai narasumber yang sebagian besar merupakan pelaku usaha.

Setelah itu, peserta yang akan terpilih hingga langkah akhir akan dipilih untuk mengikuti pelatihan mendalam hingga memperoleh permodalan usaha.

“Ini bukti Kementerian Investasi, juga mendukung anak-anak muda Papua, untuk maju dan menjadi pengusaha, dan bisa menguasai sektor-sektor perekonomian di Papua dan Papua Barat,"kata Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia melalui rilis pers yang diterima Tribun-Papua.com,Senin (1/11/2021).

Baca juga: Merauke Masuk Zona Hijau, Kini Tak Ada Pasien Covid-19 di RSUD

Sebelumnya, didampingi oleh Menteri Investasi dan Staf Khusus Billy Mambrasar, Presiden Joko Widodo berkunjung ke Papua dan Beraudiensi dengan sejumlah anak-anak Papua, pelaku UMKM, dalam ekosistem kewirausahaan Papua Muda Inspiratif (PMI), dan momen kunjungan ini menjadi tonggak sejarah kebangkitan anak-anak Papua dalam sektor ekonomi.

 “Sudah waktunya anak-anak muda Papua, khususnya Gen Y dan Gen Z, terjun ke sektor perekonomian. Kemarin kita sudah berhasil menjalankan pelatihan digital dan start-up kepada 400 anak Papua, bersama-sama dengan Kemenkominfo, sekarang di sektor UMKM, kepada 250 anak Papua, yang ditopang oleh Kementerian Investasi," ujar Stafsus Presiden Billy Mambrasar.

Baca juga: Kronologi Polisi di Medan Dibacok saat Puluhan Orang Serang Rumahnya, Berawal dari Rental Truk

"Program ini akan benar-benar memanifestasikan harapan anak-anak Papua menjadi tuan di negeri sendiri, yakni menjadi pelaku ekonomi,"katanya.

Secara teknis pelaksanaan kegiatan serupa dengan kegiatan Shark Tank atau Dragons’ Den, sebuah show di Inggris, dimana calon pengusaha dari seluruh dunia melakukan presentasi model bisnis mereka kepada sebuah panel investor dan meyakinkan mereka untuk mengivestasikan uang ke bisnis mereka.

Baca juga: Gubernur Papua Lukas Enembe Minta Atlet PON XX Peraih Medali Emas Sabar Tunggu Bonus Rp 1 Miliar

"Namun dalam kegiatan Link & Match Pebisnis Muda Lokal juga disisipkan pelatihan secara online sebelum pitching tersebut," ujar Nurul Ichwan, Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal Kementerian Investasi.

Link & Match ini menjadi bagian dari rencana aksi Instruksi Presiden Joko Widodo, tentang Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat.

Program ini didesain sejak pertemuan awal Menteri Investasi dan Staf Khusus Presiden RI Billy Mambrasar, juga selaku kordinator utama Papua Muda Inspiratif, Pada tanggal 19 Januari 2021, yang kemudian diikuti dengan serangkaian acara sebelum acara ini, yakni Series Webinar, Podcast dan rangkaian acara penciptaan wirausaha muda Papua yang lain.

Adapun program-program tersebut ialah; Tiga seri Webinar Pemulihan Ekonomi Nasional, Link and Match Pebisnis Muda Lokal, Pelatihan Peternakan Sapi dan Green Investment Blueprint.

Untuk diketahui, Tiga Seri Webinar tersebut telah dilakukan dari Bulan Maret – April 2021 dengan menghadirkan narasumber-narasumber handal dan ternama.

Link & Match Pebisnis Muda Lokal akan menjadi program yang sejalan dengan visi Kementerian Investasi/BKPM dalam mendorong investasi yang bertumbuh, inklusif dan merata.

Program ini akan membawa perubahan dalam sektor ekonomi dan investasi dengan melibatkan anak-anak muda Papua di dalamnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved