Peparnas XVI Papua

Ramah Disabilitas, Bandara Sentani Siap Sambut Kedatangan Atlet

Bandar Udara Sentani di Jayapura kembali dipersiapkan, menyambut kedatangan kontingen Peparnas XVI dari berbagai daerah di Indonesia.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Surya Eka for Tribun-Papua.com
PEPARNAS XVI PAPUA - Kedatangan atlet disabilitas Peparnas XVI Papua di Bandar Udara Sentani Kabupaten Jayapura, Selasa (2/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Bandar Udara Sentani di Jayapura kembali dipersiapkan, menyambut kedatangan kontingen Peparnas XVI dari berbagai daerah di Indonesia.

Berdasarkan pantauam Tribun-Papua.com mulai, Selasa (2/11/2021) kontingen Peparnas XVI Papua dari berbagai daerah, mulai tiba di Bandara Sentani.

Untuk itu, dalam rangka mendukung kesuksesan penyelenggaraan Peparnas XVI Papua, pihak Bandara Sentani telah melakukan beberapa persiapan, dalam menyambut para kontingen.

Baca juga: Hotel Horison Siapkan Papeda untuk Atlet dan Official Peparnas XVI

Berdasarkan telewicara bersama Stakeholder Relations Manager PT Angkasa Pura I Surya Eka, dirinya menjelaskan soal kesiapan Bandara Sentani tersebut.

"Kesiapan Bandara Sentani Jayapura ditunjukkan dengan adanya simulasi penyambutan atlet peserta Peparnas XVI yang telah dilakukan pada 29 Oktober 2021 lalu," jelasnya.

Dirinya menambahkan, simulasi dilakukan dengan melibatkan panitia Peparnas XVI dan stakeholder Bandara Sentani, diantaranya pihak ground handling dan porter bandara.

Surya menyebutkan, Angkasa Pura I Bandara Sentani telah menyiapkan jalur dan area khusus, untuk para atlet dan official Peparnas XVI.

"Hal ini tentu, untuk mengantisipasi potensi terjadinya penumpukkan penumpang," sebutnya.

Baca juga: Stadion Lukas Enembe Digunakan Untuk Paralimpik Nasional, Mathius: Ini Penghormatan Bagi Atlet

Selain itu, Surya juga menjelaskan, sudah disiapkan 2 jalur landai untuk kursi roda (ramp) di area lobby kedatangan dan keberangkatan.

"Ada 1 ramp di koridor sisi udara atau fix bridge 1, dan area ruang tunggu lantai sebanyak 2 ramp, sehingga total terdapat 5 ramp di Bandara Sentani," rincinya.

Sementara itu, pada sisi area kedatangan juga disediakan 4 toilet portable, bagi atlet berkebutuhan khusus untuk mengantisipasi kebutuhan toilet para peserta, yang baru mendarat.

Baca juga: Mathius Awoitauw: Kami Siap Sukseskan Peparnas XVI Papua

Dengan disediakannya toilet difabel portable ini, menambah jumlah toilet ramah difabel di Bandara Sentani menjadi 8 toilet.

Di mana kata Surya, sisanya terdapat di toilet ruang tunggu lantai 1 dan 2, serta di toilet kedatangan atau area baggage claim.

"Terdapat pula sofa atau kursi khusus bagi penyandang disabilitas di area ruang tunggu lantai 2," imbuhnya.

Terakhir, Surya berharap dengan adanya fasilitas penunjang dapat memberikan kesan Bandara Sentani semakin ramah disabilitas.

"Kami harap kelancaran dan kenyamanan mobilitas para peserta dan panitia Peparnas di Bandara Sentani, dapat mendukung kelancaran penyelenggaraan Peparnas XVI secara keseluruhan," tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved