Peparnas XVI Papua

Okupansi Hotel di Jayapura Capai 90 Persen Jelang Peparnas XVI Papua

Okupansi hotel yang tinggi menjelang Peparnas XVI ini, dan tentu merupakan hasil dari sinergitas antara pelaku usaha perhotelan dan juga pemerintah.

Tribun-Papua.com/Istimewa
Fox Hotel Jayapura - Beraqlamat di Jalan Dr Soetomo No. 16 Kec. Jayapura Utara Kel. Gurabesi, Kota Jayapura, Papua. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Tingkat hunian kamar atau okupansi hotel di Kota Jayapura mencapai 90 persen, menjelang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Papua, Syahrir Hasan kepada Tribun-Papua.com melalui gawainya, Kamis (4/11/2021).  

"Setelah PON XX, dampak terhadap perhotelan sangat signifikan, okupansi hotel itu teratas 90 persen hingga 100 persen, begitu pula jelang Peparnas ke 16 ini," sebutnya. 

Baca juga: Irwansyah Harahap Musisi Dunia Kebanggaan Kota Medan Berpulang

Syahrir menjelaskan, tingginya okupansi hotel ini disebabkan para atlet Peparnas XVI menggunakan fasilitas kamar yang ada. 

"Ini merupakan situasi yang sangat baik dan menguntungkan, sehingga tentunya dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," paparnya. 

Menurutnya, okupansi hotel yang sangat baik menjelang Peparnas XVI ini, dan tentu merupakan hasil dari sinergitas antara pelaku usaha perhotelan dan juga Pemerintah Daerah. 

Baca juga: Kontradiksi: KKB Lancarkan Serangan di Intan Jaya Papua, Namun Tuduh Aparat Sisir Rumah Warga

"Secara ekonomi sangat baik, ekosistemnya bagus karena ada Peparnas XVI, semua diuntungkan, dari para petani, nelayan, dan sebagainya," tambahnya. 

Syahrir menilai, dengan adanya Peparnas XVI sangat mempengaruhi tingkat okupansi hotel, khususnya di Kota dan Kabupaten Jayapura sebagai zona penyelenggara. 

"Untuk data sementara, hampir 65 hotel berbintang yang tersebar di Kota dan Kabupaten Jayapura, telah terpakai untuk Peparnas XVI," ucapnya. 

Terkait kesiapan hotel di masa pandemi, Syahrir memaparkan pihaknya telah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Jayapura dan Provinsi Papua dalam penyediaan nakes di hotel-hotel. 

"Begitupun untuk memasuki hotel juga tetap disediakan alat pengukur suhu tubuh, fasilitas cuci tangan dan handsanitizer," jelasnya.

Ia berharap dengan adanya Peparnas XVI di Papua,  dapat menjadi ajang promosi pariwisata daerah. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved