Breaking News:

Kota Jayapura

Pemko Jayapura Bina Tiga Aplikasi Untuk Memudahkan Mobilitas Penyandang Disabilitas

Tiga aplikasi itu membuat masyarakat menjadi mudah, termasuk bagi para penyandang disabilitas

Penulis: Musa Abubar | Editor: M Choiruman
Surya Eka for Tribun-Papua.com
ILUSTRASI 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Musa Abubar

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA- Momentum Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 dapat dijadikan sebagai media penyebaran informasi bahwa Kota Jayapura merupakan tempat yang ramah penyandang disabilitas.

Indikasinya, saat ini pemerintah kota telah membina tiga aplikasi digital yang dapat membantu penyandang disabilitas mudah dalam melakukan mobilitasnya.

98 Warga Kampung Toor Papua Ikuti Vaksinasi Dosis Satu dan Dua

Tiga aplikasi digital yang dimaksud adalah aplikasi yang berkaitan dengan pelayanan bengkel mesin kendaraan bermotor, aplikasi pelayanan digital printing, dan pelayanan pariwisata.

"Tiga aplikasi itu membuat masyarakat menjadi mudah, termasuk bagi para penyandang disabilitas," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Jayapura, Binton Nainggolan kepada Teibun-Papua.com di Jayapura, Rabu (10/11/2021).

Tiga aplikasi digital tersebut telah mendapatkan pengakuan dari tingkat nasional. Kala itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang secara khusus memberikan rekomendasi terhadap penggunaan aplikasi tersebut.

Bento Madubun Diminta Mundur, Suporter Persipura Sepakat Petinggi Freeport Jabat Manajer

Dia mengatakan, para penyandang disabilitas tersebut dapat bergabung dalam aplikasi tersebut untuk mendapatkan sejumlah kemudahan dalam kehidupan sehari-hari.

Mengingat, hanya dengan mengakses aplikasi itu, penyandang disabilitas dapat dengan mudah mendapatkan pelayanan yang diperlukan.

Napak Tilas Pahlawan Yos Sudarso, SMPN 1 Merauke Tabur Bunga di Atas KRI Teluk Bintuni 520

Tiga aplikasi itu menjadi pendorong bagi masyarakat untuk membuat aplikasi-aplikasi digital rintisan (start up) yang dapat memudahkan kehidupan masyarakat.

Dia mengatakan sejak 2015, Pemerintah Kota Jayapura sudah menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) tentang fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas.

Ia menambahkan, Perda tersebut mengatur instansi pemerintah, BUMN, BUMD maupun kalangan swasta wajib menyediakan fasilitas untuk mendukung aktivitas penyandang disabilitas. Termasuk memberikan peluang pekerjaan dan sosial ekonomi. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved