Breaking News:

Peparnas XVI Papua

Dukungan Sang Ibu: Apia Rumbaru Tak Bisa Tahan Tangis Saat Dapatkan Emas

Apia Rumbaru kembali menunjukkan bahwa dirinya masih bisa menorehkan prestasi di usianya yang kini menginjak 32 tahun.

Editor: Roy Ratumakin
Tribunnews/Abdul Majid
Atlet para renang asal Maluku, Apia Rumbaru sukses meraih medali emas dan catatkan rekornas saat turun pada nomor 200 meter gaya bebas kelas S-10 Peparnas XVI di Stadion Akuatik, Kabupaten Jayapura, Rabu (10/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURAApia Rumbaru kembali menunjukkan bahwa dirinya masih bisa menorehkan prestasi di usianya yang kini menginjak 32 tahun.

Atlet para renang asal Maluku itu mampu menyabet medali emas saat turun di nomor 200 meter gaya bebas kelas S-10 Peparnas XVI di Stadion Akuatik, Kabupaten Jayapura, Rabu (10/11/2021).

Tak hanya torehan medali emas, yang membuat bangga dirinya karena di perlombaan tadi ia sukses memecahkan Rekor Nasional yang sebelumnya dicatatkan oleh atlet lainnya.

Baca juga: Peparnas XVI, Kapolda Papua Himbau Masyarakat Terus Jaga Situasi Kondusif 

Apia keluar sebagai juara dengan catatan waktu 3.05.66 dan catatan waktu tersebut merupakan Rekornas anyar di nomor 200 meter gaya bebas kelas S-10.

Saat pelaksanaan Upacara Penghormatan Pemenang (UPP), Apia yang dibantu satu tongkat saat berdiri dan mengalungkan bendera kontingen Maluku tampak matanya berkaca-kaca.

Air mata Apia terlihat menetes saat medali emas dikalungkan kepadanya.

Usai UPP, Apia menceritakan bahwa prestasi ini membuat dirinya bangga dan turut mengenang jasa sang Ibu yang terus mendukungnya sejak dini hingga akhirnya mampu menorehkan prestasi yang membanggakan.

 “Alhamdulillah saya bisa dapat ini (emas), saya juga bersyukur bisa pecahkan rekor nasional,” kata Apia kepada Tribunnews.

 “Kemenangan ini, medali ini saya persembahkan untuk mama, karena dengan doanya saya bisa dapat ini. Mamah selalu suport saya, selalu dukung saya,” lanjut Apia yang tak bisa membendung air matanya.

Baca juga: Perbatasan RI-PNG Jadi Destinasi Wisata Kontingen PON dan Peparnas

Apia menceritakan secara singkat, dirinya mulai mengenal renang ketika duduk di SMP kelas 3

Setelah mengenal, dirinya pun mulai menseriuskan olahraga air tersebut hingga akhirnya Apia masuk pelatnas NPC Indonesia dan tampil di ASEAN Para Games pada 2007 silam.

Beberapa gelar atau prestasi prestisius kerap ia dapatkan.

Baca juga: Atlet PON dan Peparnas Silahkan Kunjungi PLBN Skouw Hingga Zona Netral

Dan kini, usai tampil di Peparnas XVI Papua, Apia kembali ke Pelatnas NPC Indonesia guna menjalani persiapan jelang tampil di ASEAN Para Games 2022 Vietnam.

 “Setelah ini ya saya persiapan lagi buat ASEAN Para Games Vietnam. Saya targetkan bisa dapat 3 emas di sana,” harapnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved