Hari Pahlawan 10 November

Peringati Hari Pahlawan, Kapolri: Berjuang dan Bersatu Padu Bangkit di Tengah Pandemi Covid-19

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan momentum peringatan Hari Pahlawan 10 Novemberadalah berjuang untuk menuju Indonesia bangkit dan maju

Penulis: Hendrik Rikarsyo Rewapatara | Editor: Ri
Dok Humas Polda Papua
Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, memberi keterangan pers usai membesuk dua anggotanya yang terluka saat bertugas di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang. Kini kedua korban tengah menjalani perawatan di RS Bhayangkara Jayapura, Papua, Rabu (29/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik R Rewapatara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan bahwa refleksi momentum peringatan Hari Pahlawan 10 November adalah berjuang untuk menuju Indonesia bangkit dan maju dari Pandemi Covid-19. 

Hari Pahlawan yang memperingati para pejuang kemerdekaan melawan penjajah, kata Sigit, semangatnya harus dicontoh untuk bersatu padu dan bergandengan tangan oleh seluruh generasi penerus bangsa saat ini dalam menghadapi Pandemi Covid-19. 

"Perjuangan para Pahlawan terdahulu Bangsa Indonesia harus bisa diimplementasikan oleh generasi penerus bangsa saat ini," ucapnya.

Baca juga: Mengenang Kembali Jenderal TNI Bintang 1 yang Tewas di Tangan OPM di Papua

"Dengan berjuang dan bersatu padu, kita harus meyakini, Indonesia bisa segera bangkit di tengah Pandemi Covid-19," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu (10/11).

Di tengah Pandemi Covid-19, Sigit mengungkapkan, Indonesia sempat terdampak dalam hal perekonomiannya.

Namun, sambung Sigit, dengan semangat persatuan dan kesatuan seluruh elemen bangsa, saat ini, Indonesia telah bangkit dari keterpurukan tersebut. 

Baca juga: 194 Pastor Katolik Se-Papua Serukan Moral Kemanusiaan Untuk Konflik Papua 

Semua itu, kata Sigit, berkat para seluruh stakeholders yang telah ikut berjuang bersama-sama dengan Pemerintah dalam menangani Pandemi Covid-19.

Atas hal tersebut, Indonesia saat ini menempati peringkat pertama di Asia Tenggara dalam hal menekan laju pertumbuhan Covid-19. 

"Dengan adanya para pejuang dan pahlawan yang hadir di tengah Pandemi Covid-19, semua tantangan dan rintangan bisa dilalui bersama-sama. Hal itu membuat kita semakin optimis untuk bisa menang melawan virus corona," ujar eks Kapolda Banten tersebut. 

Sigit menyatakan, optimisme itu juga semakin memperkuat dan meyakinkan di mata dunia, bahwa Indonesia mampu melaksanakan kegiatan nasional maupun internasional dengan tetap memperhatikan faktor keamanan dan kesehatan. Hal itu tentunya akan semakin menumbuhkan perekonomian Indonesia. 

Baca juga: Sosok OPM Egianus Kogoya, Pembunuh Berdarah Dingin dan Pembantai 17 Pekerjan Jalan di Papua

Disisi lain, mantan Kabareskrim Polri ini menyebut bahwa, di tengah Pandemi Covid-19, semua masyarakat Indonesia saat ini bisa menjadi pahlawan. Hal tersebut bisa dicerminkan dengan ikut berperan aktif dalam penanganan dan pengendalian Covid-19. 

"Semua masyarakat saat ini bisa menjadi pahlawan buat Indonesia dengan ikut bekerjasama dan bergandengan tangan dalam hal penanganan dan pengendalian Pandemi Covid-19," ucap Sigit.

Baca juga: Seorang Ibu Ditemukan Tewas di Sumur setelah 2 Hari Hilang, Korban Punya Riwayat Baby Blues

Sigit pun menyampaikan apresiasi kepada para tenaga kesehatan (nakes), TNI, Polri, relawan dan seluruh unsur masyarakat lainnya yang terus berjuang di garis terdepan menangani Covid-19. Menurut Sigit, mereka adalah Pahlawan yang ada saat ini. 

"Terima kasih kepada nakes, jajaran TNI, Polri, relawan, mahasiswa dan seluruh stakeholders yang ikut berperan dalam menangani Pandemi Covid-19. Kalian adalah pahlawan bangsa saat ini," tutur Sigit.

Dalam momentum ini, Sigit kembali meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk terus menghormati jasa para pahlawan yang telah mendahului dan memerdekakan bangsa Indonesia.

Sebagaimana pernyataan Pendiri Bangsa Soekarno, Sigit menyatakan, jangan sekali-kali melupakan sejarah (Jas Merah).

Baca juga: Ribuan Sembako untuk Korban Bencana Kadaluarsa di Gudang, Walkot Makassar Geram: Kan Aneh

"Tak lupa kita tetap mempedomani sifat para pahlawan dengan berjuang untuk Indonesia dari segala bidang," tutup Sigit. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved