Breaking News:

Nasional

Akhirnya, Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit Diresmikan Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo, meresmikan Sirkuit Mandalika untuk ajang Internasional World Superbike (WSBK) dan Moto GP 2022, Jumat (12/11/2021).

Editor: Roy Ratumakin
Biro Pers Kepresidenan/Agus Suparto
Presiden Joko Widodo menjajal Sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat, Jumat (12/11/2021). Presiden Joko Widodo menggunakan motor custom miliknya bertuliskan RI 1 berkeliling lintasan Sirkuit Mandalika digunakan perhelatan World Superbike dan MotoGP. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Presiden Joko Widodo, meresmikan Sirkuit Mandalika untuk ajang Internasional World Superbike (WSBK) dan Moto GP 2022, Jumat (12/11/2021).

Setibanya di Bandar Udara Internasional Lombok (BIL) Zainuddin Abdul Majid, Kabupaten Lombok Tengah, Presiden langsung menuju Pit Building Sirkuit Mandalika, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, untuk meninjau ruang kontrol Sirkuit Mandalika berikut menyimak penjelasan panel sirkuit tersebut.

Baca juga: Aksi Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika Menggunakan Kawasaki W175 Modifikasi

 “Sirkuit Mandalika dengan panjang 4,3 kilometer dengan teknologi aspal terbar menggunakan aspal terbaru stone mastic asphalt siap digunakan untuk mendukung event-event kelas dunia di Mandalika. Di mana sebentar lagi ada WSBK dan dilanjutkan pada bulan Maret MotoGP 2022,” kata Presiden Jokowi dikutp Tribun-Papua.com dari laman Tribun News.

Sebelum meresmikan sirkuit, Presiden beserta rombongan sekitar pukul 10.20 menjajal lintasan sirkuit Mandalika dengan motor Kawasaki W175 warna hijau yang dimodifikasi.

Jumlah tikungan di Sirkuit Mandalika mencapai 17, dengan 11 mengarah ke kanan dan 6 lainnya mengarah ke kiri.

Sirkuit Mandalika sendiri dapat menampung 150.000 hingga 200.000 orang. Namun pada masa pandemi Covid-19, pihak pengelola hanya menyediakan hingga 75.000 kursi di grandstand dan 138.000 area berdiri.

Dalam peresmian tersebut, Presiden di damping Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Gubernut NTB, Direktur ITDC Mandalika.

Baca juga: Terindah di Dunia, Ini Profil Sirkuit Mandalika yang Diresmikan Presiden Jokowi

Setelah meresmikan Sirkuit Mandalika sekitar pukul 11.20 Presiden Jokowi menandatangani Prasasti Sirkuit Mandalika dan Jalan Tol by pass Bandara Mandalika sepanjang 17,3 KM.

Jokowi mengapresiasi Sirkuit Mandalika yang dibangun dalam waktu sembilan bulan di atas lahan sekitar 120 hektar dan menghabiskan anggaran sekitar 1,1 Triliun.

Menurut Priesiden Sirkuit mejadi kebanggan masyarakat Indonesia.

Baca juga: Jokowi Tiba di Lombok dan Langsung Menuju Sirkuit Mandalika

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI mendukung Diseminasi Sektor Pariwisata Tahun 2021dan promosi tourism sport sirkuit Mandalika, karena Mandalika menjadi satu-satunya tempat yang dijadikan sirkuit skala internasional kebanggaan bangsa Indonesia.

“Indonesia punya Mandalika!! KEK Mandalika semakin memesona dengan kebijakan pemerintah menjadikan Mandalika sebagai pelopor sport tourism di Indonesia. Terdapat dua event olahraga yang akan dilaksanakan di Mandalika. Kegiatan yang akan pertama kali dilaksanakan ialah World Superbike (WSBK) 2021 seri terakhir pada tanggal 19-21 November 2021, serta MotoGP 2022,” ujar Septriana Tangkary, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemkominfo. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved