Breaking News:

Peringati Hari Pahlawan, Ratusan Warga Mengarak Patung Presiden Jokowi.Seberat 700 Kg ke Atas Bukit

Ratusan warga baik perempuan laki-laki dan tua muda terlihat bersorak sorai saat menarik patung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Editor: Claudia Noventa
Dok Kementerian Luar Negeri
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato perdananya dalam Sidang Majelis Umum (SMU) ke 75 PBB secara virtual. Rabu, (23/9/2020). 

TRIBUN-PAPUA.COM - Beredar di media sosial sebuah video yang memperlihatkan ratusan warga baik perempuan laki-laki dan tua muda terlihat bersorak sorai saat menarik patung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Patung Jokowi yang mengenakan busana adat Amanatun, Timor Tengah Selatan (TTS) itu dibawa ke atas Bukit Sunu pada Raby (10/11/202021).

Diketahui, ratusan warga tersebut berasal dari Desa Sunu Kecematan Amanatun Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT).

Patung yang dibuat di Bali tersebut memiliki berat 700 kg dengan tinggi 3,5 meter.

Baca juga: 4 Pelaku Pencurian Ribuan Buku Nikah yang Masih Tersegel Ditangkap, 2.560 Ditemukan Belum Dijual

Baca juga: Polisi Tangkap Pelaku Pencurian Mobil Tangki BBM, Modus Pura-pura Menumpang hingga Minta Berhenti

Warga menggotong patung Presiden Joko Widodo menuju puncak bukit viral di sejumlah media sosial.
Warga menggotong patung Presiden Joko Widodo menuju puncak bukit viral di sejumlah media sosial. (repro bidik layar akun Instagram @el.bastel)

Warga mengarak patung tersebut dengan menempuh jarak sejauh 2 kilometer menuju puncak bukit di ketinggian 1.074 meter di atas permukaan laut.

Jalan yang mereka lewati cukup terjal untuk menuju puncak Bukit Sunu. Mereka meletakkan patung Jokowi di atas kayu dengan empat roda sebagai penggerak.

Penghargaan Masyarakat ke Jokowi

Kepala Seksi Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten TTS El Njukambani membenarkan jika patung Jokowi tersebut diarak tepat di Hari Pahlawan pada Rabu (10/11/2021).

Ia mengatakan hal tersebut dilakukan warga untuk merayakan Hari Pahlawan serta sebagai bentuk apresiasi pada Jokowi.

Jokowi diketahui pernah mengenakan busana adat mereka saat upacara Proklamasi pada tahun 2020.

"Kegiatan ini juga sebagai bentuk penghargaan dari masyarakat Sunu terhadap Presiden Jokowi karena pada saat upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan pada 2020 lalu, Pak Jokowi mengenakan busana adat mereka," ujar El, kepada Kompas.com, Minggu (14/11/2021).

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved