Breaking News:

Papua Terkini

Pemkab Mamteng Sediakan RUTF, untuk Terapi Gizi bagi Balita Bergizi Buruk

Pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng), menyediakan Ready Use Therapeutic Food (RUTF) untuk menerapi gizi, terhadap balita dengan gizi buruk.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Istimewa
KESEHATAN - Pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng), menyediakan Ready Use Therapeutic Food (RUTF) untuk terapi gizi, bagi balita dengan kondisi gizi buruk, Senin (22/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng), menyediakan Ready Use Therapeutic Food (RUTF) untuk menerapi gizi, terhadap balita dengan gizi buruk.

Melalui rilis yang diterima Tribun-Papua.com Senin (22/11/20121), diketahui inisiasi penyediaan RUTF tersebut merupakan bentuk komitmen Pemkab Mamteng.

Dalam rilis pers tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Mamberamo Tengah Mesir Yikwa mengatakan program tersebut, termasuk salah satu intervensi prioritas dalam program percepatan pencegahan anak stunting.

Baca juga: Imaji Papua Luncurkan Film Animasi Jamu, dari Suku Irarutu Bintuni

"Kaitannya dalam melaksanakan program pencegahan dan tata laksana gizi buruk pada balita," sambungnya.

Menurutnya, sebagaimana yang diketahui anak kurang gizi akut, dalam hal ini gizi kurang dan gizi buruk, berisiko 3 kali menjadi stunting.

"Serta anak gizi buruk berisiko 12 kali lebih besar untuk meninggal, dibandingkan anak gizi baik," tambahnya.

Kaitanya dengan hal itu, Mesir menyebutkan RUTF merupakan produk terapi gizi yang padat zat gizi, termasuk vitamin dan mineral.

"Hal ini sudah sesuai dengan rekomendasi badan Kesehatan Dunia (WHO), dan juga Kementerian Kesehatan Republik Indonesia," sebutnya.

Dalam rangka hari kesehatan nasional, ia menyampaikan sejarah akan mencatat cerita baik, Mamberamo Tengah adalah satu-satunya kabupaten yang telah melakukan pengadaan dan mendatangkan RUTF.

Baca juga: Pembuat Miras CT di Wamena Dicokok Polisi, Doorsmeer Disulap Jadi Tempat Produksi

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved