Breaking News:

Info Pendaftaran Polri

Rekrut Bintara Polisi 2021 akan Utamakan Anak Anggota Polri, Ini Alasan Kapolda Papua

Penerimaan calon Bintara polisi tahun 2021 akan mengutamakan anak dari anggota Polri yang lahir dan besar di Papua.

Editor: Claudia Noventa
Dok Humas Polda Papua
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Penerimaan calon Bintara polisi tahun 2021 akan mengutamakan anak dari anggota Polri yang lahir dan besar di Papua.

Hal ini djelaskan oleh Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri. Menurutnya, upaya itu dilakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap orang tua mereka yang sudah mengabdikan diri dan bertugas di Papua.

Masih Ingat AKBP Untung Sangaji: Di Merauke, Dia Ajari Pemuda Papua Budidaya Labu Madu 

Selain mengutamakan anak anggota Polri, pihaknya juga akan memilih anak dari tokoh agama serta masyarakat.

Irjen Mathius Fakhiri menjelaskan, pihaknya bersyukur penerimaan calon Bintara Polisi kali ini mendapat dukungan dari Gubernur Papua. 

Baca juga: KAHMI Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Panti Asuhan Semi Metta Bahagia Manokwari

Baca juga: Gubernur Papua, Lukas Enembe Minta Atlet Makin Termotivasi Raih Prestasi 

"Kami bersyukur upaya itu disambut baik Gubernur Papua sehingga dibantu menggunakan dana otonomi khusus namun kalian bukan polisi otsus tetapi polisi RI," kata Kapolda Papua itu saat bertemu dengan 75 siswa calon bintara yang dididik di SPN Tjilik Riwut Palangkaraya, Sabtu (20/11/2021).

Pada kesempatan itu, Fakhiri pun berharap agar 75 siswa yang saat ini dilatih di SPN Tjilik Riwut dan sebagian besar anak anggota Polri senantiasa menjaga nama baik hingga selesai pendidikan yang tinggal menghitung hari.

Komnas HAM Papua Kesulitan Gali Keterangan Korban Tembak, Agustina Hondou Tak Bisa Bahasa Indonesia

“Setelah pelantikan yang dijadwalkan pada tanggal 22 Desember mendatang kalian akan kembali ke Papua dan sebelum penempatan di polres, terlebih dahulu akan mengikuti pelatihan,” ucap Mathius Fakhiri.

Dengan direkrutnya para pemuda dari kabupaten yang ada di Papua, Fakhiri berharap ke depan tidak ada lagi kekerasan di Bumi Cendrawasih itu.

Baca juga: Tugu MacArthur di Sentani Jayapura, Penanda Markas Sekutu Pernah Dibangun Tahun 1944 

Pasalnya, polisi yang bertugas di sana berasal dari daerah Papua. Karena itu, dapat dipastikan mereka memahami adat istiadat di daerahnya.

"Mudah-mudahan tidak ada lagi kekerasan sehingga pembangunan dapat dikerjakan dan hasilnya dirasakan masyarakat," ucap Irjen Mathius Fakhiri.

Seperti diketahui, SPN Tjilik Riwut Palangkaraya saat ini mendidik 380 siswa dan 75 siswa di antaranya merupakan pengiriman Polda Papua. (*)

Berita Papua Lainnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.tv dengan judul Pengakuan Kapolda Papua, Rekrut Bintara Polisi 2021 dengan Utamakan Anak Anggota Polri

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved