Breaking News:

Papua Terkini

Era VUCA Perlu Ada Sinergi Berantas Narkoba, Korupsi, dan Terorisme

Kepala BNN RI Komjen Pol Petrus Reinhard Golose, mengatakan era VUCA merupakan kewajiban bagi setiap organisasi untuk dapat beradaptasi.

Editor: Roy Ratumakin
BNN Papua for Tribun-Papua.com
Diskusi Panel Sinergi Berantas Narkoba, Korupsi dan Terorisme secara Virtual yang berlangsung di Kantor BNNP Papua 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Kepala BNN RI Komjen Pol Petrus Reinhard Golose, mengatakan era Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity (VUCA) merupakan kewajiban bagi setiap organisasi untuk dapat beradaptasi pada perubahan lingkungan strategis.

“Nah, harus ada saling bersinergi dalam menghadapi ancaman terorisme, korupsi, dan narkoba,” kata Petrus dalam diskusi panel dengan tema Sinergi Pemberantasan Narkoba, Korupsi, dan Terorisme untuk Pembangunan Sumber Daya Manusia Unggul di Era VUCA, Rabu (24/11/2021) di Kantor BNN Papua.

Baca juga: KPK RI Nilai Capaian Upaya Pencegahan Korupsi oleh Pemprov Papua Masih Stagnan

Dikatakan, saat ini sudah mulai marak kejahatan narkoba dengan korupsi dan terorisme.

“Extraordinary Crime merupakan istilah kejahatan luar biasa untuk menggambarkan suatu kejahatan yang mempunyai dampak negatif terhadap kehidupan manusia, termasuk dalam pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM),” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua KPK Firli Bahuri memaparkan, korupsi dengan kejahatan narkoba sering terjadi di negara berkembang.

Baca juga: Hadiri Kuliah Umum di Universitas Yapis Papua, Ini Kata Wakil Ketua KPK

“Tak jarang korupsi yang terkait kejahatan narkotika melibatkan oknum pemerintahan, polisi, peradilan, angkatan bersenjata atau keamanan,” kata Firli.

Di beberapa tempat, kata Firli, kejahatan terorganisir bahkan mampu mempengaruhi proses demokrasi dengan membiayai kampanye pemilu atau membeli suara. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved